Pernahkah smartphone kesayangan Anda tiba-tiba mati? Dan smartphone Anda tidak bisa dihidupkan kembali? Pasti Anda panik dan tidak tahu harus melakukan apa supaya smartphone Anda kembali normal. Hal seperti ini sering terjadi pada iPhone. Kali ini saya akan berbagi solusi untuk iPhone yang tiba-tiba mati. 

Kalau Anda mengalami hal seperti ini, jangan langsung berpikir kalau iPhone milik Anda rusak dan Anda harus menggantinya dengan yang baru. Tenang dulu, sekarang Anda coba ikuti solusi dari saya berikut ini

  1. Charge iPhone Anda
    Siapa tahu sebab dari iPhone Anda mati tiba-tiba karena baterainya habis. Coba Anda charge iPhone milik Anda untuk mengisi kembali daya baterai. iPhone memanfaatkan daya baterai yang tersisa untuk mengamankan data dan pengaturan sehingga dengan sisa daya baterai Anda yang sedikit iPhone Anda bisa saja mati secara tiba-tiba.
  2. Aktifkan Ulang
    Cara yang satu ini familiar sekali, dengan mengaktifkan ulang iPhone milik Anda. Caranya tahan tombol Hold di pojok kanan atas di tepi smartphone sekitar 10 detik lamanya. Kalau belum menyala, coba lakukan sekali lagi. Kalau layar iPhone Anda berkedip dan muncul logo Apple maka dipastikan iPhone milik Anda sudah kembali normal.
  3. Tekan Tombol Hold dan Home
    Jika iPhone Anda tidak bisa diaktifkan ulang, coba cara ini sebagai alternatif. Tekan tombol Hold dan tombol Home secara bersamaan selama 10 detik atau bisa juga selama 20 sampai 30 detik.
  4. Restore iPhone
    Solusi terakhir adalah dengan mengembalikan iPhone Anda ke pengaturan pabrik atau restore. Cara ini bisa menghapus semua data dan pengaturan pada iPhone Anda. Cara ini juga bisa dijamin memecahkan banyak masalah. Biasanya, Anda hanya cukup mensinkronisasikan iPhone Anda dan klik tombol Restore via iTunes. Tetapi jika iPhone tidak dapat menyala, Anda memerlukan teknik di bawah ini.
    – Pasang kabel USB iPhone ke konektor dock, jangan ke komputer Anda
    – Tahan tombol Home selama beberapa detik
    – Setelah itu colok kabel USB ke komputer
    – Langkah ini akan membuka iTunes, memposisikan iPhone ke recovery mode, dan memungkinkan Anda mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik.

Bagaimana? Sudah kembali normal kah iPhone Anda? Kalau masih belum bisa kembali normal, saya sarankan Anda datang ke tempat servis atau mungkin sudah saatnya Anda mengganti iPhone milik Anda.

Sekian dan semoga beramanfaat 🙂