Sekarang ini semua orang pasti sudah ketergantungan oleh internet karena banyak manfaat yang didapatkan dari internet. Dan saat ini pun kita tidak hanya bisa mengakses internet via komputer tapi juga bisa mengaksesnya via smartphone. Sudah ada jaringan internet yang super cepat yaitu 4G namun tidak selamanya jaringan tersebut berjalan lancar. Ada kalanya jaringan internet di smartphone Anda lemot, tapi tenang saja pasti ada solusinya. Berikut ini solusi untuk internet yang lemot di smartphone

Ada beberapa hal yang memerlukan koneksi internet seperti chatting, menggunakan aplikasi pemetaan (GPS), browsing, bermain game, membuka sosial media yang Anda miliki dan masih banyak lagi. Ada cara mempercepat koneksi 3G di smartphone agar internet di smartphone Anda tidak lemot.

  1. Nonaktifkan Gambar Pada Browser
    Anda bisa menonaktifkan gambar pada browser, hal ini berfungsi untuk mempercepat jaringan internet dan proses browsing pun akan cepat. Jika Anda menggunakan Google Chrome Browser cara untuk menonaktifkan gambarnya masuk ke bagian Settings lalu pilih Data Saver dan pilih Aktifkan Data Saver. Setelah selesai, Google Chrome Anda tidak akan menampilkan gambar ketika Anda browsing. Selain bisa mempercepat jaringan internet hal ini juga bisa menghemat kuota.
  2. Gunakan Facebook Lite
    Anda pasti punya akun sosial media dan pastinya yang tidak ketinggalan adalah mempunyai akun Facebook. Ya, Facebook adalah sosial media yang banyak orang gunakan. Anda bisa menggunakan aplikasi Facebook Lite agar jaringan internet ketika mengakses Facebook tidak lemot. Facebook Lite ini memang ringan dan bisa menghemat kuota internet.
  3. Hapus Aplikasi yang Memonopoli Akses Internet
    Mungkin banyak yang belum mengerti apa itu maksudnya monopoli akses internet, maksudnya adalah ketika Anda sedang mengakses internet baik untuk chatting atau browsing terkadang masih ada aplikasi yang berjalan di latar belakang (background). Hal ini bisa menyebabkan lemotnya akses internet karena smartphone Anda membaca banyak aplikasi yang mengakses internet. Jadi, hapuslah aplikasi yang bisa memonopoli akses internet.
  4. Menggunakan Browser Opera Max
    Untuk mempercepat jaringan internet di smartphone bisa dengan menggunakan browser Opera Max sebagai browser utama. Anda bisa mengganti browser yang ada di smartphone Anda dengan Opera Max karena selain bisa mempercepat jaringan internet Opera Max juga bisa membuat konten apapun yang berjenis streaming tetap cepat dan tidak ada buffering. 

Itulah beberapa solusi untuk internet yang lemot di smartphone. Semoga bermanfaat ya 🙂