Hadirnya Smartphone saat ini sepertinya telah menjadikan sebagian masyarakat bergantung pada perangkat Mobile dan Internet yang mempengaruhi kemampuan menyimpan memori secara jangka panjang.

Smartphone Bisa Membunuh Otak dan Memori Manusia, karena ketergantungan manusia terhadap smartphone dan juga internet menyebabkan usernya menggunakan otak jauh lebih sedikit dibanding nenek moyang. Para Ahli Psikologi dan perusahaan Secure pun juga memperingatkan, hal itu memengaruhi kemampuan kita membuat dan menyimpan memori jangka panjang.

Perusahaan Secure dari Kaspersky Lab juga mengatakan, saat ini sudah terlalu banyak orang yang menyerahkan info-info penting seperti alamat, nomor handphone pada perangkat mobile sebagai pengingat dan menggantikan peran kerja otak manusia.

Kaspersky sendiri melakukan studi internasional kepada 6.000 konsumen berusia 16 tahun dan di atasnya di enam negara di Eropa. Penelitian tersebut mendapati 47 persen dari semua pengguna tidak bisa mengingat nomor telefon rumah mereka dari masa kecil, 49 persen tidak bisa mengingat nomor telefon pasangan mereka, 57 persen tidak bisa mengingat nomor telefon pekerjaan mereka, dan 71 persen tidak bisa mengingat nomor ponsel anak mereka.

Para psikolog menegaskan, tidak bersusah payah menghafal fakta-fakta dan informasi bisa merugikan otak yang disebut ‘Digital Amnesia’. Menurut Dr Maria Wimber, dosen dari Universitas of Birmingham School of Psychology, penelitian sebelumnya telah berulang kali mendemonstrasikan bahwa mengingat informasi secara aktif cara yang paling efisien untuk membuat memori permanen.

Nah sekarang kita harus berhati-hati dalam menggunakan smartphone, walaupun Smartphone bisa membantu kita dalam melaksanakan keseharian kita. ternyata Smartphone Bisa Membunuh Otak dan Memori Manusia.