Smartphone merupakan salah satu perangkat elektronik yang berfungsi  untuk melakukan panggilan telepon, mengirim pesan, dan lain sebagainya.

Tapi sering kali Smartphone Anda mati tiba – tiba.  Apa penyebabnya?? Jangan panik dulu, karena biasanya memang Smartphone sering seperti itu. Ada kalanya mengecek terlebih dahulu apa penyebabnya Smartphone  Anda mati.

Yuuk kita cari tau apa penyebab Smartphone yang mati total. Sebelum itu kita harus pastikan Smartphone kita tidak mau menyala, dengan cara:

1.Memastikan Smartphone sudah terisi daya baterenya.

Kadang kita lupa memastikan kalau daya batere Smartphone sudah habis dan tiba – tiba mati. Biasanya itulah yang menyebabkan Smartphone kita mati karena kehabisan batere. Memastikannya adalah coba saja charger Smartphonenya jika menyala berarti tandanya Smartphone yang digunakan kehabisan daya baterenya. Tapi perlu diingat juga ya, ketika Smartphone kehabisan daya baterenya itu dibutuhkan waktu yang tidak sebentar.

2.Smartphone nyala tapi layarnya mati

Ada kasusnya seperti ini:

Smartphone menyala tapi layarnya mati, apa penyebabnya?? Cara yang paling mudah adalah, pastikannya dengan matikan Smartphone lalu nyalakan kembali Smartphonenya. Ketika sudah nyala biasanya ada  getaran atau ada suara boot. Jika masih seperti itu bawa Smartphonenya ke layanan purna jual untuk pemeriksaan yang lebih lanjutnya.

3.Pastikan Smartphonenya tidak dalam kondisi basah

Siapa tau Smartphonenya mati karena sebelumnya dalam kondisi basah. Pastikanlah Smartphone dalam kering. Jika masih tidak menyala, bawalah ke layanan purna jual untuk lebih akurat.

4.Bisa jadi baterenya bocor

Karena biasanya Smartphone tidak menyala bisa jadi baterenya bocor atau daya baterenya terus menurun. Batere yang menggembung itu menandakan baterenya sudah bocor.  Maka dari itu patut diwaspadai ya teman teman.

Itulah penyebab matinya Smartphone. Semoga bermanfaat ya teman teman.