Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat penting bagi umat muslim di seluruh dunia yang menjadi ladang ibadah dan pahala sebelum akhirnya merayakan hari raya Idul Fitri. Di mana pun Anda berada bisa tetap menjalankan ibadah puasa dengan lancar karena kini sudah banyak aplikasi smartphone yang bisa digunakan untuk melihat jadwal shalat, buka puasa, dan imsyak yang bisa berguna terutama ketika Anda ke luar negeri, ada juga aplikasi kompas yang bisa membantu Anda untuk menentukan arah kiblat, dan sebagainya. Apa saja rekomendasinya?

Muslim Pro

Aplikasi yang pertama adalah Muslim Pro yang bisa Anda unduh di toko aplikasi Apple dan juga Android. Fungsinya adalah untuk menandai kapan waktu berpuasa yang didasarkan pada lokasi Anda. Ia juga dilengkapi dengan pemberitahuan secara audio dan visual untuk panggilan adzan. Anda bahkan bisa mengaji dengan menggunakan aplikasi ini lengkap dengan terjemahannya. Muslim Pro juga bisa memberikan rekomendasi lokasi masjid dan restoran halal di sekitar lokasi Anda. Muslim Pro adalah aplikasi yang memuat fitur lengkap untuk kebutuhan muslim di seluruh dunia dan sudah bisa digunakan dalam 14 bahasa.

Islamic Compass

Selama tinggal di Indonesia kita terbiasa dengan sholat mengarah ke barat yang merupakan arah kiblat berdasarkan posisi Indonesia terhadap Ka’bah. Namun ketika di luar negeri, kiblat belum tentu mengarah ke barat. Dengan aplikasi ini ketika Anda berada di mana saja bisa menentukan arah kiblat untuk shalat plus berbagai macam fitur lainnya berbasis GPS. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan jadwal waktu shalat dan suara adzan.

Quran Reader

Aplikasi ini memudahkan Anda untuk mempelajari kitab suci Al-Quran di mana saja dan kapan saja dengan cara yang sangat praktis. Anda bisa membaca, mendengarkan, dan mengetahui maksud dari ayat-ayat Al-Quran dengan mengetuk dan menahan pada ayat yang dibaca. Anda bahkan bisa share ayat yang mengena di hati Anda berikut dengan komentar dari Anda sendiri ke berbagai macam aplikasi lainnya. Aplikasi ini bisa diunduh untuk iOS maupun Android.