Kemampuan kamera yang dimiliki smartphone adalah salah satu spesifikasi utama yang dicari orang ketika mencari ponsel pintar. Bahkan kini makin banyak vendor smartphone yang menawarkan kemampuan kamera yang lebih dahsyat di kelasnya untuk menarik makin banyak konsumen. Budaya masyarakat Indonesia yang suka foto-foto memang jadi target empuk para pengembang ponsel dan juga aplikasi untuk berlomba menawarkan produk yang bisa membuat hasil gambar terlihat lebih oke. Mau kamera yang lebih baik di ponsel Anda? Tidak perlu ganti yang baru, aplikasi kamera di bawah ini bisa membantu ponsel untuk meningkatkan kualitas gambar yang dihasilkan.

Camera FV-5

Aplikasi ini didesain untuk Anda yang sudah terbiasa menggunakan kamera DSLR atau ingin belajar menggunakan kontrol yang ada pada kamera DSLR dengan perangkat yang lebih praktis. Aplikasi ini adalah aplikasi pengaturan kamera manual yang bisa menambahkan fitur manual yang tidak ada pada ponsel Anda sebelumnya. Beberapa kelebihan yang jadi nilai unggul aplikasi ini adalah ia memiliki fitur intervalometer dan juga long exposure yang bisa menghasilkan gambar RAW lebih baik dan memberikan Anda ruang berkreativitas yang lebih luas.

Open Camera

Pengaturan manual yang ada pada Open Camera tidak sekompleks yang ada pada Camera FV-5 namun tetap memberikan opsi yang bisa Anda utak-atik dan bereksperimen dengan hasil gambar yang Anda inginkan. Dengan demikian aplikasi ini lebih mudah digunakan bagi yang belum biasa menggunakan DSLR. Salah satu fitur yang keren di aplikasi ini adalah opsi untuk mengambil gambar dengan perintah suara. Open Camera juga dilengkapi dengan antar muka bagi Anda yang kidal sehingga lebih mudah untuk digunakan bagi siapa saja.

Lightroom CC Mobile

Bagi Anda pengguna aplikasi Lightroom atau Photoshop versi desktop, bisa menggunakan aplikasi untuk dipasang pada smartphone untuk nantinya diedit dengan menggunakan dua aplikasi milik Adobe tersebut. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dalam format RAW HDR yang memberikan dimensi yang lebih dalam pada sebuah gambar. Anda pun bisa langsung menghubungkan smartphone dengan device lain yang menggunakan aplikasi Lightroom sehingga tidak harus membutuhkan kabel data untuk memindahkan foto yang akan diedit.