Dulu ketika smartphone baru rilis di pasaran rasanya begitu canggih walaupun baru dengan sistem operasi Froyo. Tapi kalau sekarang? Sudah banyak smartphone yang lebih canggih dibandingkan dengan smartphone dengan sistem operasi Froyo. Bahkan bisa dibilang sistem operasi Froyo sudah tidak ada apa apanya dengan sistem operasi yang digunakan pada smartphone sekarang. 

Tapi pasti sekarang ini masih ada yang menggunakan smartphone dengan sistem operasi Froyo. Jangan terburu-buru untuk menjualnya atau bahkan menyimpannya di gudang rumah Anda, masih ada manfaat dari smartphone “jadul” ini. Apa saja sih manfaatnya?

  1. Dijadikan Remote
    Daripada Anda simpan smartphone jadul yang Anda miliki lebih baik dimanfaatkan menjadi remote. Ya, smartphone Android Anda bisa dijadikan remote apa saja bahkan Anda bisa menjadikan smartphone tersebut menjadi pengatur komputer.
  2. Menjadi Kontroler DSLR
    Anda punya hobi fotografi dan punya kamera DSLR? Wah sayang banget kalau smartphone jadul Anda dibiarkan begitu saja, padahal bisa dijadikan sebagai kontroler DSLR loh! Anda bisa pakai aplikasi DSLR Controller untuk mengontrol kamera DSLR merek Canon yang terhubung dengan kabel USB.
  3. Menjadi Bingkai Foto Digital
    Anda bisa memanfaatkan smartphone jadul Anda untuk dijadikan bingkai foto digital. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Digital Photo Frame untuk menjadikan smartphone Anda sebagai bingkai foto digital. Mudah bukan?
  4. Jadikan Modem Wi Fi
    Sekarang ini apa apa pasti pakai internet. Anda bisa memanfaatkan smartphone Anda menjadi modem Wi Fi. Anda bisa memanfaatkan fitur hotspot yang ada di smartphone jadul Anda. Jadi ketika ingin mengakses internet di komputer bisa menggunakan Wi Fi dari smartphone Anda 🙂

Masih banyak manfaatnya kan? Ayo manfaatkan smartphone Anda, jangan sampai disia-siakan begitu saja 🙂