Bagi para pengguna aplikasi berbagi foto terpopuler didunia yaitu Instagram, penggunaan fitur filter dalam Instagram tentu tidak asing lagi. Efek filter pada Instagram memang dimaksudkan untuk lebih bisa memaksimalkan hasil tangkapan kamera ponsel penggunanya agar lebih interaktif dan terlihat seperti hasil jepretan dari seorang yang professional.

 

Pada awal kemunculannya Instagram “hanya” memiliki sedikit sekali efek filter, namun sepanjang perjalanannya, Instagram sudah beberapa kali menambahkan efek filter tambahan di setiap pembaharuan aplikasinya tersebut. Paling tidak ada sekitar 30-an efek filter yang bisa kita gunakan, tentunya dengan “penyesuaian” yang ada di Instagram.

 

Seiring perkembangannya, efek filter tidak hanya milik Instagram. Meski bukan yang pertama memperkenalkan fitur editing gambar, nyatanya efek filter pada instagramlah yang membuat beberapa aplikasi penyedia layanan chat dan media sosial ikut menyematkan fitur editing berupa efek filter dalam aplikasinya. Sebut saja aplikasi berbagi pesan Line dan aplikasi path yang tengah digandrungi.

 

Yang paling baru adalah aplikasi besutan Prisma Labs, inc. yaitu Aplikasi Prisma. Aplikasi ini menyuguhkan fitur filter yang mirip dengan aplikasi Instagram dan aplikasi-aplikasi editor foto sejenisnya, hanya saja berbeda style, Prisma menawarkan pengalaman baru dalam mengkreasikan hasil foto dengan pengolahan AI (Artificial Intelligence). Melalui pengolahan AI, Prisma cukup menjanjikan dengan hasil editing bergaya pop art klasik hingga modern.

 

Andapun bisa mengubah hasil potretan dari lensa kamera ponsel anda menjadi sebuah karya seni lukis yang indah seperti karya pelukis piccaso melalui fitur filternya. Cara menggunkan aplikasi inipun cukup mudah, anda hanya perlu  memilih foto yang ingin anda edit melalui kamera smartphone anda ataupun melalui koleksi galeri anda, selanjutnya seperti fitur filter di Instagram anda bisa memilih efek filter sesuai dengan selera anda dan voila

 

52c506190fdc4bdd8b0bae4d46650221resNet9_n1

Efek Dreams

52c506190fdc4bdd8b0bae4d46650221resNetFinal_9

Efek Urban

Hasil jepretan anda akan berubah menjadi sebuah karya seni lukis yang berbeda dari gambar aslinya. Hasil editingnya pun bisa langsung di share keberbagai aplikasi social media, atau anda bisa menyimpannya langsung ke smartphone anda.

 

Yang menjadi catatan pada aplikasi prisma adalah, sesaat setelah kita memilih filter yang cocok dengan selera anda, anda diharapkan menunggu beberapa saat untuk aplikasi memproses foto yang sedang anda edit, hal itu terjadi karna memang aplikasi prisma membutuhkan koneksi internet untuk memproses filter pada gambar. Yang berarti prisma tidak akan bisa berjalan ketika smartphone anda dalam mode offline.

 

Terlepas dari fiturnya yang keren, aplikasi prisma memang sengaja diciptakan untuk memberikan anda pilihan dan kemudahan dalam mengedit hasil jepretan anda. Namun perlukah anda menginstallnya di smartphone anda?