Perkembangan Pengguna Internet di Indonesia. Internet dari segala sisi telah menjelma dan tumbuh menjadi kebutuhan mendasar bagi sebagian besar penggunanya. Paling tidak Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mencatat jumlah pengguna internet telah mencapai 88,1 juta dengan 48 persen diantaranya adalah merupakan pengguna internet harian. Yang berarti hampir dari seperempat penduduk Indonesia adalah pengguna internet. Saking tingginya kebutuhan akan internet orang-orang lebih sering mengakses internet ketimbang menonton televisi.

 

 

Jika dirata-ratakan menurut data dari We are Sosial, pengguna internet di Indonesia rata-rata menghabiskan waktu mereka paling tidak 4 jam 42 menit mengakses internet melalui PC atau tablet dalam tenggang waktu seharian dan 3 jam 33 menit saat menggunakan smartphone. Hal tersebut sangat berbanding terbalik dengan waktu yang mereka habiskan saat menonton televisi dalam tenggang waktu seharian yang hanya berkisar 2 jam 22 menit.

 

Tingginya minat pengguna internet di Indonesia juga memacu jumlah pengguna aktif media sosial sebut saja Facebook dan Instagram. Jika Google Plus masih merangkak menaikan penggunanya untuk lebih aktif, Facebook dan aplikasi berbagi foto Instagram berhasil menyalip menjadi media sosial yang paling sering diakses di Indonesia. Selain itu, BBM masih menjadi aplikasi berbagi pesan yang paling sering diakses, disusul oleh Whatsapp dan Facebook Messenger yang berada diurutan berikutnya . Sebagai info dua aplikasi yang disebutkan terakhir adalah aplikasi yang dimiliki oleh Facebook.

 

Disebutkan juga oleh We Are Sosial, paling tidak ada sekitar 79 juta pengguna aktif media sosial dengan 66 juta diantaranya mengakses media sosial menggunakan perangkat mobile mereka. Yang berarti lebih dari 70% pengguna aktif internet di Indonesia adalah pemilik dari akun-akun media sosial.