Penggunaan teknologi pada kegiatan pendidikan merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi bagi manusia. Keterlibatan teknologi di bidang pendidikan telah memberi banyak perubahan. Selain membuka lebih banyak peluang untuk belajar seperti pada penggunaan internet; ada banyak produk teknologi yang juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses belajar mengajar. Mengintegrasikan teknologi dalam proses belajar mengajar bisa memberi banyak manfaat serta kemudahan. Keterlibatan teknologi juga bisa menghapus berbaga batasan dalam upaya mendapatkan informasi dan pengetahuan baru. Kini siapapun dapat memanfaatkan berbagai produk teknologi untuk membantu kegiatan belajar.

Salah satunya adalah membuat kegiatan belajar menjadi lebih menarik dengan keterlibatan perangkat audio visual. Guru dan orang tua dapat memanfaatkan perangkat komputer atau tab untuk membantu anak belajar. Penggunaan komputer atau tab bisa sangat membantu berbagai proses belajar anak; mulai dari belajar membaca hingga mempelajari bidang ilmu tertentu. Ketersediaan berbagai aplikasi atau perangkat lunak pendukung kegiatan belajar menjadi bagian lain dari keterlibatan teknologi modern bagi pendidikan. Belajar membaca dengan melibatkan gambar (visual) dan bantuan cara membaca (audio) bisa sangat mudah dilakukan dengan bantuan komputer ataupun perangkat tab. Pada anak yang tengah belajar membaca; orang tua dapat memilih perangkat lunak atau aplikasi yang memuat pelajaran membaca dengan tema yang disukai anak. Menggunakan perangkat komputer atau tab untuk menampilkan gambar sebagai bagian dari kegiatan belajar menulis bisa menjadi alternatif lain untuk memudahkan proses belajar.

Keterlibatan lain dari teknologi untuk mendukung kegiatan belajar dapat berupa kemudahan untuk mendapatkan informasi. Dahulu; penggunaan ensiklopedia digital pernah menjadi tren dalam membantu proses belajar. Kini setelah teknologi internet berkembang pesat dan siapapun dapat mengakses internet dengan mudah, kapanpun dan dimanapun; maka kemudahan mengakses informasi juga menjadi sangat mudah. Menemukan referensi berbasis keilmuan melalui media internet juga sangat mudah. Ada begitu banyak artikel ilmiah berupa buku hingga jurnal ilmiah yang dapat diperoleh dengan format digital. Teknologi komputasi dan internet menjadi beberapa dari banyak karya cipta manusia yang memberi kemudahan dalam menjalani kehidupan modern.