Menjadi salah satu penyakit dari ponsel pintar ini, smartphone tidak bisa mengisi daya atau charge. Daripada membeli charger baru, lebih baik mengecek beberapa penyebab kenapa smartphone kita tidak bisa mengisi daya (charge). Nah ini ada beberapa penyebab smartphone tidak bisa di-charge.

 

1. Port Micro USB Kotor
Hal ini menyebabkan smartphone tidak bisa mengisi daya karena terganjal oleh debu, kotoran, ataupun remah-remah makan yang tersisa. Jadi, sebaiknya periksa dulu port pada micro USB Anda.

 

2. Kabel USB Rusak
Selain pada port USB, kabel USB juga bisa menjadi salah satu penyebab dari tidak maunya smartphone mengisi daya, hal ini dikarenakan kabel USB yang kotor, longgar dan sering dilepas pasang terus menerus. Kabel yang tidak sesuai juga menghambat pengisian baterai menjadi lebih lama.

 

3. Mengisi Daya Tidak Pada Soket Standar
Pengisian menggunakan soket listrik lebih cepat bila dibandingkan dengan dari PC atau laptop. karena arus listrik yang dihasilkan berbeda, dengan soket listrik daya yangdihasilkan akan lebih besar dua kali lipat daripada menggunakan PC atau laptop.

Jadi periksa ulang soket listrik Anda apakah bekerja optimal dengan menggunakan tespen, pengisian daya juga bisa menjadi lebih cepat jika dalam mode airplane bahkan lebih baik jika dimatikan.

 

4. Baterai Yang Harus Sudah Diganti
Penyebab yang terakhir adalah baterai yang ada pada smartphone kita rusak, entah karena sudah terlalu lama atau ada komponen yang sudah rusak dan bocor pada bagian baterai. Bila hal ini terjadi satu-satunya cara adalah membeli baterai baru.

 

Nah itu beberapa penyebab smartphone tidak bisa mengisi daya 😀 Semoga bermanfaat yah Kawan 😀 Terima kasih 😀