Biasanya smartphone yang kita gunakan sering terjadi panas pada bagian casingnya, hal ini bisa menandakan dua hal. Pertama komponen didalam smartphone itu berjalan dengan baik dan yang kedua adalah terjadinya kerusakan pada bagian-bagian tertentu. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi, mari kita lihat penyebab smartphone yang cepat panas.

1. Kondisi Smartphone Kotor

Smartphone yang kondisinya kotor bisa menyebabkan smartphone itu sendiri cepat panas, kenapa ? Karena arus udara yang harusnya keluar terperangkap didalam smartphone, dikarenakan sirkulasi udara yang tertutup oleh kotoran, yang paling sering ialah debu. Hal ini bisa terjadi bila kita menyimpan di dalam saku, tempat terbuka, dan lain sebagainya.

2. Mesin Bekerja Berlebihan

Masalah ini sering terjadi di sekitar kita, penggunaan smartphone yang berlebih dapat membuat smartphone kita menjadi overheat. Karena suatu perangkat atau komponen pada smartphone memiliki batasannya masing-masing dan bila dipaksakan akan membuat smartphone itu cepat panas dan yang paling parah ialah tidak bisa digunakan lagi. OverheatĀ bisa terjadi karena beberapa faktor seperti bermain game, streaming, GPS dan aplikasi2 yang berat lainnya..

3. Masalah Pada Jaringan

Ketika smartphone tidak memiliki jaringan (sinyal), mesin pada smartphone bekerja keras untuk mencari sinyal yang mengakibatkan smartphone menjadi cepat panas. Hal ini juga bisa menyerap daya baterai jika smartphone tidak memiliki sinyal.

4. Kerusakan Pada Baterai

Baterai juga menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan smartphone cepat panas. Kerusakan pada baterai biasanya terjadi karena umur baterai yang sudah mulai tua dan juga baterai yang sudah mulai rusak karena komponen pada baterai tersebut sudah bocor.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita ya Kawan 😀 Terima kasih 😀