Pernahkah kalian mengalami SIM Card yang tidak terbaca? Mungkin sebagian pengguna Smartphone pernah mengalami hal ini.

Biasanya hal ini ditandai dengan adanya notification “error” yang muncul di atas layar Smartphone. Akan muncul saat pengguna memasukan kartu / SIM Card ke dalam Smartphone, dan saat itulah Smartphonenya tidak berfungsi untuk melakukan panggilan ataupun mengecek data ataupun informasi yang terdapat di SIM Card.

Pastinya pengguna akan kesal dengan tidak terbacanya SIM Card pada Smartphone. Karena biasanya pengguna Smartphone pun menyimpan data, sebagian informasi pada  SIM Card Smartphone. Apa sih penyebabnya?

Berikut penyebab SIM Card yang tidak terbaca pada Smartphone:

1.Terjadinya korslet atau suhu Smartphone yang terlalu panas

Panasnya Smartphone dapat menyebabkan korsletnya SIM Card maka dapat terjadinya korslet. Seperti yang kita ketahui Smartphone sering sekali digunakan bahkan hampir setiap saat dan biasanya pengguna juga memasang full fitur jadi tidak heran kalau Smartphone yang digunakan suhu sering kali panas dan mengakibatkan korslet.

2.Biasanya ada masalah pada software error atau terkunci

Sering kali operating system pada Smartphone tidak mampu untuk membaca SIM Card, karena biasanya adanya kesalah yang terjadi pada system di dalamnya. Untuk mengatasi hal ini pengguna bisa menggunakan / membuka kode PUK atau bisa juga dengan pengaman Smartphone.

3.SIM Card sudah rusak

Kadang pengguna tidak menyadari bahwa SIM Card yang digunakan sudah rusak sehingga tidak terbacanya SIM Card pada Smartphone. Untuk mengetahui SIM Card sudah rusak atau belum bisa dilihat dari  jalur chip nya yang semulanya berwarna emas sampai menimbulkan bintik – bintik kecoklatan.

4.Putusnya jalur SIM Card

Putusnya jalur SIM Card ini merupakan salah satu penyebab tidak terbacanya SIM Card pada Smartphone. Ditandai dengan adanya garis atau goresan tipis yang terdapat di microchip.

Itulah beberapa penyebab yang dapat menyebabkan terjadinya SIM Card tidak dapat terbaca oleh Smartphone. Tentunya kita juga harus memperhatikan semua yang berhubungan dengan Smartphone, jangan sampai membuat diri kita kesal dengan tidak ketelitian kita merawat Smartphone tersebut. Semoga bermanfaat