Salah satu pertanyaan umum sering sekali ditanyakan oleh pengguna AndSebuah pertanyaan umum pengguna Android yaitu “Mengapa Android sering restart sendiri?” Ada beberapa alasan mengapa masalah ini dapat terjadi, mari kita cari tahu penyebab – penyebab ponsel Android sering restart sendiri.mereka dan melihat apakah kita bisa memperbaikinya.

1. Aplikasi yang Buruk

Dalam kebanyakan kasus, restart secara acak disebabkan oleh aplikasi yang kualitasnya buruk. Coba uninstall aplikasi yang tidak kita gunakan, pastikan aplikasi yang kita pasang adalah aplikasi yang baik terutama untuk aplikasi yang menangani email atau pesan teks.

2  Sistem Aplikasi yang Dinonaktifkan

Apakah kita dengan isengnya menonaktifkan aplikasi Android? Jika kita terlalu sering menonaktifkan aplikasi yang diperlukan untuk menjalankan OS Android itu dapat menyebabkan ponsel restart sendiri.

3. Ponsel yang Terlalu Panas

Banyak perangkat Android yang dirancang untuk mematikan secara otomatis jika ponselnya terlalu panas. Jika kita memiliki perangkat dengan suhu 100 derajat ketika kita menggunakan 4G, GPS, dan layar diatur ke pengaturan terang, mungkin masalah restart sendiri akan muncul.

4.  Baterai Longgar

Tentu saja, masalah ini hanya dapat sekali terjadi pada perangkat dengan baterai yang lepas. Ternyata dalam kasus ini penyebabnya adalah baterai yang agak longgar. Alasan paling umum adalah penutup belakang yang sedikit membungkuk dan tidak lagi memegang baterai ke tempatnya.

5. Sistem Software yang Rusak

Kadang-kadang perangkat lunak sistem Android bisa saja rusak. Jika kita tidak menggunakan custom ROM, satu-satunya pilihan kita mungkin dapat mencoba sebuah reset pabrik perangkat. Hati-hati  reset pabrik akan menghapus semua data dari perangkat kita.