Penyebab Kuota Internet Cepat Habis Pada Smartphone – Mempunyai smartphone tanpa internet sama hal nya dunia kita hilang. Smartphone sudah menjadi teman setia bagi setiap orang di setiap saat setiap menit bahkan setiap detik.

Kehabisan kuota internet menjadi suatu hal yang menakutkan. Karena tanpa adanya kuota internet semua jaringan untuk berkomunikasi akan terputus.

Ada beberapa provider yang menyediakan layanan internet dengan paket data unlimited, namun pastinya ada keterbatasan juga. Setelah batas wajar pemakaian paket unlimited tercapai, koneksi akan jadi sangat lambat.

Untuk menghindari kuota internet cepat habis maka teman-teman dapat memperhatikan beberapa penyebab kuota internet cepat habis pada smartphone sebagai berikut :

1. Streaming video

Streaming video merupakan penyerap paling kejam terhadap kuota internet. Masalahnya, konsumsi data streaming video bisa mencapai 50 MB per menit. Ada banyak layanan streaming video untuk menemukan trailer film terbaru, full movie, atau video klip penyanyi favorit. Diantaranya yang sering digunakan adalah YouTube, iTunes, Vimeo, dan Hulu.

Bagi teman-teman yang ingin menonton video-video tertentu secara berulang-ulang, lebih baik simpan file video secara offline.

2. Streaming musik

Kapasitas streaming musik biasanya memiliki resolusi 320 Kbps, untuk total kuota internet yang dihabiskan adalah 2,4 MB per menit. Dalam durasi satu jam, Anda sudah menghabiskan 115 MB, ini juga dapat mempercepat kuota internet cepat habis.

3. Online Games

Salah satu penyebab kuota internet cepat habis juga jika digunakan untuk bermain online games yang mungkin bisa dilakukan setiap hari dalam jangka waktu yang lama. Tapi ada beberapa jenis online games yang memang memakan kuota hanya sedikit tapi hal ini juga perlu di perhatikan agar tidak terlalu banyak kuota tersedot

4. Video Call

Melakukan video call tergolong sebagai aktivitas yang membutuhkan banyak bandwidth. Obrolan melalui video, biasanya mengonsumsi bandwidth 3 MB per menit.

Kouta internet pada smartphone menjadi sesuatu yang berharga karena untuk biaya internet di Indonesia masih dirasa mahal. Walau ada provider yang menawarkan kuota internet unlimited, namun ada pembatasan penggunaannya juga dengan Fair Usage Policy. Beberapa cara untuk menghemat kuota Internet agar tidak cepat habis kita harus benar-benar berhemat dalam penggunaaan internet.