Setiap kali banyak pengguna smartphone yang mengeluh bila smartphone yang mereka gunakan seringkali lambat. Itu bisa saja menunda atau memperlambat Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Berikut mari kita bahas mengenai beberapa penyebab dan cara mengatasi lambatnya smartphone yang Anda miliki :

1. Terlalu Banyak Membuka Aplikasi Secara Bersamaan

Aplikasi yang dibuka secara bersamaan di waktu yang sama, bisa menjadi sebab utama dibalik lambatnya smartphone Anda. Banyak pengguna smartphone yang sering membuka aplikasi dan tidak menutup aplikasi secara tepat. Atau si pengguna hanya menekan tombol back, padahal cara tersebut masih belum bisa tertutup sepenuhnya. Hal ini yang dapat menyebabkan RAM smartphone Anda berkurang banyak dan tidak mendukung aktivitas. Terlebih lagi jika Anda melakukannya secara paksa untuk multitasking.
Cara yang tepat untuk mengatasinya adalah: Melakukan restart smartphone atau Anda bisa mengunduh aplikasi RAM optimizer langsung di Play Store.

2. Launcher

Launcher merupakan salah satu penyebab lambatnya kinerja smartphone. Terlebih jika smartphone yang Anda memilih kapasitas yang besar yaitu 1GB. Ini bisa memaksakan smartphone bekerja terus dan memakan banyaknya kapasitas di RAM.
Cara yang tepat untuk mengatasinya adalah: Anda bisa menggunakan laucher yang hanya berkapasitas 10MB. Anda masih bisa menampilkan smartphone yang menarik tanpa mengurangi kapasitas si smartphone.

3. Memori Internal Penuh

Memori internal penuh akan menyebabkan Anda terganggu oleh notifikasi yang menyuruh Anda untuk menghapus aplikasi agar kapasitas penyimpanan data tidak terlalu penuh. Hal ini juga bisa menjadikan smartphone Anda menjadi lamban dan tidak bekerja secara optimal.
Cara yang tepat untuk mengatasinya adalah: Rooting smartphone, sehingga apa yang kita download bisa muncul disimpan dan dipindahkan ke MicroSD. Namun, melakukan rooting bisa memiliki resiko hangusnya garansi dari smartphone tersebut.

Terimakasih
Selamat Mencoba :)