Mengenal iOS

Apa pengertian iOS? iOS merupakan sistem operasi yang terpasang pada setiap produk dari Apple. Pada awalnya iOS hanya dikembangkan untuk iPhone. Pada tahun 2008 sistem operasi dari Apple ini tidak memiliki nama yang resmi dan hanya diperkenalkan sebagai iPhone OS saja. Akan tetapi, mulai tahun 2010 iPhone OS berganti nama menjadi iOS dan kini sudah dikembangkan untuk iPad, iPod Touch, dan Apple TV.

Awalnya iOS tercipta dengan beberapa kekurangan. Hal ini tidak berarti ada banyak masalah bug dalam sistem operasinya, melainkan terdapat kekurangan pada fitur yang disediakan. Jika dibanding dengan sistem operasi yang lain, iOS memag cukup kuno. Meskipun demikian bila diamati sebenarnya dari awal sampai sekarang ada tahapan perkembangan yang cukup signifikan. Kehadiran iOS 4.2.1, iPod Touch pun menjadi pesaing kuat untuk produk gadget lainnya. iOS semakin stabil dan semakin baik. Pengertian iOS pun semakin berkembang sebagai sistem operasi dari Apple yang ramah dengan pengguna.
Kemampuan Multitasking

Bukti perbaikan pada iOS terlihat dari adanya fitur yang mendukung kemampuan multitasking. Kemampuan multitasking terdapat pada iPhone dan iPod iOS 4.0. Adanya kemampuan multitasking mendukung pengguna membuka beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa harus menutup aplikasi sebelumnya. Hanya dengan menekan tombol home, pengguna dapat keluar dari aplikasi yang sedang dijalankan. Perlu diketahui bahwa aplikasi tersebut sebenarnya tidak tertutup permanen, melainkan dapat dibuka kembali dengan cara menekan tombol home sebanyak 2 kali. Akan tetapi, bila aplikasi yang dijalankan secara bersamaan terlalu banyak dapat menyebabkan gadget menjadi heng.