Hallo kawan-kawan, kali ini Saya mau memberitahu Pengertian dan Macam-macam Resolusi Layar Smartphone.

Banyak orang yang belum paham tentang definisi dari resolusi layar. Resolusi layar membuat bingung orang-orang awam karena hanya diberi nama singkatan seperti VGA, XVGA, HD, FHD, dll bukan ditulis dengan besar angka. Resolusi layar pasti sering dijumpai pada spesifikasi smartphone, layar monitor computer, TV, dll. Agar kita paham tentang pixel density dari suatu gadget seperti smartphone kita perlu mengetahui resolusi layarnya. Berikut ini Pengertian dan Macam-macam Resolusi Layar Smartphone.

Resolusi Asus Zenfone 2 ZE551ML

Pengertian Macam-macam Resolusi Layar Gadget

Screenshot di atas adalah spesifikasi tampilan dari Asus Zenfone 2 ZE551ML yang Saya dapatkan dari website gsmarena. Diketahui bahwa resolusi layar smatphone tersebut adalah 1080 x 1920 pixels. Dari situ kita akan tau termasuk kategori mana resolusi smartphone tersebut.

Definisi Resolusi

Resolusi adalah ukuran yang menunjukkan banyaknya pixel yang terdapat pada suatu layar. Semakin besar ukuran resolusi dapat diartikan semakin banyak juga konten yang dapat ditampilkan pada suatu layar.

Perlu diingat besaran resolusi tidak menunjukkan besaran layar secara fisik. Dimensi layar kecil pun dapat menyamai resolusi layar besar. Jadi, perbedaannya tergantung dari besar atau kecilnya pixel. Pixel adalah kumpulan titik berwarna yang berdekatan sehingga seperti membentuk sebuah gambar. Semakin banyak jumlah pixel, semakin tajam juga gambar yang diperoleh.

Pada screenshot spek smartphone di atas, resolusi layarnya adalah 1080 x 1920 pixels. Sisi lebar dari smartphone tersebut sebesar 1080 pixel dan sisi panjang smartphone tersebut sebesar 1920 pixel. Jadi, untuk mengetahui berapa banyak pixel pada smartphone tersebut, kita hanya perlu mengalikan sisi lebar dan panjang pixel, 1080 x 1920 = 2073600 pixels. Nah, kita sudah tau banyaknya pixels dalam layar berukuran 5.7 inch, yaitu 2073600 pixels.

Kategori Resolusi

Bagi orang yang sudah berpengalaman tentang gadget dengan mengetahui singkatan saja, maka sangat mudah menentukan layar mana yang lebih besar resolusinya. Namun, bagi orang yang kurang mengerti tentang gadget, maka pasti akan bingung dengan singkatan-singkatan untuk menentukan berapa pixel yang dimiliki suatu layar smartphone tersebut. Berikut ini beberapa resolusi layar pada smartphone.

HD (High Definition)

Pengertian dan Macam-macam Resolusi Layar Smartphone

Resolusi layar ini biasa digunakan pada HDTV (High Definition TV). Resolusi dasar yang sering digunakan adalah 1280×720, dengan aspect ration 16:9. Namun, sekarang resolusi ini tidak hanya dipakai pada TV saja, tetapi juga dipakai pada smartphone. Seperti pada smartphone Asus Zenfone 2 ZE551ML, resolusinya adalah 1920×1080, termasuk dalam kategori FHD (Full High Definition).

Itulah informasi mengenai Pengertian dan Macam-macam Resolusi Layar Smartphone. Semoga apa yang Saya sampaikan dapat dipahami dan bermanfaat untuk kalian.