Haii guys, balik lagi nih dengan artikel selanjutnya untuk dapat mengatasi problem jaringan WIFI yang mudah lambat. Banyak sekali ya masalah yang didapat dari lambatnya WIFI kita. Sudah selesai dibaca artikel saya yang (Part 1) Faktor dan Tips Menangani Jaringan WIFI yang Mudah Lambat. Sekarang kita lanjut ya part 2 nya, selamat mencoba ūüôā

  • ¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†Mengupgrade Antena

Dengan mengupgrade antena kamu, ada manfaatnya juga ketika kamu mengubah antena ke yang lebih banya, karena jika mengubah antena itu dapat memberikan kekuatan yang lebih besar dan bagus lagi lho.

  • ¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†Carilah Sebab dari Menurunnya Kecepatan Internet

Suka kesal juga ketika lagi streamming tiba-tiba jaringannya melambat, nah bisa saja ada perangkat lunak atau perangkat lainnya yang menghabiskan bandwidth, sebaiknya cek lah software di komputer bisa dengan mengecek antivirus yang sering mengupdate secara otomatis. Mungkin juga hal lainnya itu bisa dengan WIFI mu di pakai dengan orang lain yang dapat menerobos keamanan di sistem WIFI. Sebaiknya buatlah password yang sangat aman, agar kita dapat menghindari orang lain yang mau mengambil bandwidthmu.

Ada hal lainnya lagi nih, seperti mungkin saja ada Internet Worms, adalah sebuah program yang berbahaya dengan cara kerja yang mudah menyebar melewati jaringan di komputermu. Nah, andai kata komputer kamu terkena Internet Worms, bisa jadi akan dapat menciptakan traffic jaringan tanpa kamu ketahui dan efeknya juga akan menjadi penyebab jaringan internet kamu menjadi lambat. Untuk itu sebaiknya kamu mempunyai program antivirus dan selalu mengupgradenya dengan rutin untuk dapat menghilangkan worm dari komputer kamu. Nah, selanjutnya dari part kedua ini saya ingin membahas tentang cara memperkencang WIFI dengan faktor router yang terfokus pada peletakkan yang sangat bagus dalam posisinya.

  • ¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†Taruhlah Router pada Tempat yang Terbuka

Kebanyakan pengguna router sudah tau untuk menempatkan router di tempat yang terbuka, sebaiknya kamu jangan letakkan routermu di tempat yang banyak penghambat misalnya di pojok ruang dan di bawah meja. Tidak dianjurkan untuk meletakkan router di dalam lemari atau di letakkan di tempat yang tertutup bisa menyebabkan signal WIFI akan terhalang.

  • ¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†Hindari Peletakkan Roter dari Tempat yang Rendah

Sebaiknya ketika kamu ingin menggunakan router jangan di letakkan setara dengan kaki mu, karena dapat memperngaruhi signal routermu ke seluruh sudut ruangan. Sebaiknya letakkanlah routermu di tempat yang sedikit tinggi tempatnya untuk mempercepat signal router kamu.

  • ¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†Hindarilah Peletakkan Router dari Peralatan Elektronik yang Lain

Sebaiknya letakkan rotermu di tempat yang jauh dari perlatan lainnya seperti Televisi, Computer karena peralatan tersebut akan memberikan dampak yang buruk untuk signal router kita dan dapat memberikan gelombang elektromagnetik yang dapat mengacaukan signal WIFI kita.

  • ¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†Tempatkan Antena ke Arah yang Berlainan

Ketika kita memperhatikan router yang kita punya, router tersebut mempunyai dua antena di bagian belakang. Untuk dapat membuat signal WIFI router kita kencang sebaiknya aturlah peletakkan salah satu antena berlainan arah, karena dengan arah yang berbeda WIFI dapat mengatur signal dengan baik dan signal tidak mudah lambat.

  • ¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†Ukurlah Jaringan WIFI dari Router

Saat ini sudah banyak application yang dapat digunakan untuk dapat mengukur kapasitas jaringan routermu, seperti di smartphone yang kita punya, bisa untuk mengatahui titik mana yang mempunyai jaringan signal yang sangat baik.