Suka kesal kalau lagi streaming tiba – tiba jaringan WIFI menjadi lola (loading lama)? Tidak usah khawatir lagi deh, karena Saya akan share Tips Menangani Jaringan WIFI yang Mudah Lambat nihh. Sebelumnya kita juga harus tau nih faktor apa saja yang bikin jaringan WIFI kita menjadi lemot, bisa di simak faktor-faktornya berikut ini :

  • Periksa Koneksi Internet Kamu

Ketika kamu mau memperbaiki perangkat WIFI, sebaiknya cek dulu jaringan internet mu dengan memakai kabel Ethernet ke modem. Dengan memakai kabel Ethernet bisa dengan online, dan ketika masih tidak bisa tersambung juga ke internet dan jaringannya juga masih lambat, biasanya ada problem dari ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan.

Ketika masih ada problem dari ISP tersebut lebih baik langsung hubungi pihak dari ISP dan tanyakanlah kendala dari problem yang terjadi.

  • MengUpdate Firmware

Kemudian, sebaiknya kamu cek router dan modem yang lagi dipakai, karena dengan mengupdate firmware itu sangatlah bermanfaat karena akan dilakukan pemeriksaan kesalahan dan perangkat lunak yang barangkali bisa ditemukan, dan juga sebaiknya sering memeriksa pengupdatean supaya mengetahui firmware router dan modem yang selalu update setiap perkembangannya.

  • Peletakkan Router WIFI

Peletakkan router sebaiknya di pasang di tempat yang optimal, yang berguna jika kita browsing bisa dengan mudah untuk menikmati  streaming yang sedang kita cari.

Untuk menghindari jaringan internet yang lambat karena gangguan sinyal, sebaiknya pindahkan router kamu di tempat yang lebih baik dan rubahlah nomor saluran atau channel WIFI.

  • Penataan Jaringan Router WIFI

Kebanyakan perangkat WIFI mendukung 22.4 GHz 802.11g sampai bisa ke 54 Mbps. Jika kamu menginginkan perangkat yang dapat menghasilkan secara maksimal, lakukanlah pengaturan tersebut pada router WIFI kamu. Dan ketika kamu hanya memilih 5 GHz saja maka perangkat tersebut hanya mendukung sedikit WIFI yang bisa untuk menyambungkan, kemudian perangkat 802.11n atau 802.11ac tersebut tidak bisa untuk melakukan jaringan secara maksimal.          Lalu kamu juga harus memastikan router broadband yang di susun secara benar dan tepat. Dengan mengatur UTM (Unit Transmisi Maximum) yang merujuk kepada ukuran paket data terbesar yang dapat di sebarkan melalui sebuah media jaringan. Ukuran UTM bisa juga bervariasi, tergantung teknologi jaringan yang digunakan.

Jika pengaturan UTM router kamu diatur terlalu tinggi atau terlalu rendah sebaiknya pastikan dulu router kamu dengan stabil dengan ISP tersebut ya. Serta buatlah list dari setiap perubahan yang sudah di buat untuk mensetting router, jadi kamu bisa mengembalikan router ke settingan awal jika diinginkan.