Kalau Anda memiliki ponsel Android, Anda harus mengetahui menu rahasia pada ponsel Android Anda karena menu rahasia ini bisa jadi bermanfaat untuk Anda. Ada kode yang bisa Anda gunakan untuk membuka menu rahasia pada ponsel Android Anda. Dengan Anda membuka menu rahasia yang ada pada ponsel Android Anda maka Anda bisa melihat kondisi baterai ponsel Anda, melihat informasi mengenai Wi-Fi dan masih banyak lagi. Bagaimana caranya membuka menu rahasia pada ponsel Android Anda?

Ada beberapa kode yang harus Anda pakai untuk membuka menu rahasia tersebut. Tapi Anda juga harus berhati-hati dengan menu rahasia ini karena kalau terjadi kesalahan perubahan pada pengaturan yang ada di dalam menu rahasia itu bisa berakibat fatal, saya sarankan Anda agar hanya melihat-lihat menu rahasia itu dan jangan mengubah pengaturan yang ada. Apabila Anda merubah pengaturan itu bisa jadi ponsel Anda bermasalah dan harus ditangani dengan ahlinya.

Kode yang harus Anda masukkan adalah *#*#4636#*#* dan kode ini bisa Anda ketikkan di dial nomor telepon. Setelah Anda memasukkan kode tersebut maka Anda akan menemukan 4 sub menu yaitu:

  1. Phone Information
    Dalam sub menu ini ada informasi seperti nomor international mobile station equipment (IMEI), jaringan yang sedang Anda gunakan saat ini, pengaturan preferensi jaringan dan masih banyak lagi.
  2. Battery Information
    Battery Information
    berisi informasi mengenai kesehatan baterai, suhu dan voltasenya.
  3. Usage Statistic
    Pada Usage Statistic kita dapat mengetahui aplikasi terakhir yang digunakan dan keterangan sudah berapa lama ponsel tersebut dipakai.
  4. Wi-Fi Information
    Wi-Fi Information
    bisa digunakan untuk melakukan Ping dan menghidupkan atau mematikan jaringan tertentu.

Kode *#*#4636#*#* bisa dipakai di semua ponsel Android namun ada beberapa ponsel Android yang tidak bisa menampilkan menu rahasia meggunakan kode tersebut. Ada lagi beberapa kode untuk membuka menu rahasia pada ponsel Android, diantaranya:

  1. *#*#273283*255*663282*#*#*
    Dengan menggunakan kode tersebut Anda bisa mem-back up foto dan video yang ada di ponsel Anda.
  2. *2767*3855#
    Kalau Anda menggunakan kode tersebut data yang ada di ponsel Anda bisa terhapus (termasuk firmware) dan Anda perlu berhati-hati dengan kode ini karena akibatnya sangat fatal.
  3. *#*#7780#*#*
    Sama halnya dengan kode di nomor 2 tadi, kode ini bisa menghapus data di aplikasi dan juga aplikasi yang ada di ponsel Anda tetapi tidak menghapus firmware.
  4. *#*#1472365#*#*
    Anda bisa menggunakan kode ini untuk menguji GPS.

Itulah kode – kode untuk membuka menu rahasia pada ponsel Android Anda. Silakan dicoba, tapi ingat! Anda harus berhati – hati menggunakan beberapa kode tersebut supaya data di ponsel Anda tidak hilang. Semoga bermanfaat 🙂