Bagi Anda pengguna Smartphone pastinya  memiliki data pribadi ataupun data data penting seperti halnya kontak yang sudah tersimpan di Smartphone Anda.

Pastinya jika kita memiliki Smartphone baru kontak yang lama juga masih diperlukan bukan? Anda bisa melakukan transfer kontak dari Smartphone lama Anda ke Smartphone yang baru.

Adapun caranya untuk mentransfer kontak pada Smartphone baru:

  1. Dengan cara menyinkronisasi akun pada Google itu merupakan cara termudah untuk mentransfer kontak pada Smartphone lama ke Smartphone baru. Menggunakan akun Google yang sama dikedua Smartphone Anda.  Lalu pilih setting – Account – google – setelah itu aktifkan  sinkronisaasi kontak pada pengaturan Contac Sync.
  1. Bisa juga mentransfer kontak menggunakan kartu MicroSD tapi harus kedua Smartphone menggunakan kartu MicroSD tersebut. Buka kontak di Smartphone lama Anda – pilih import atau export – pilih export storage. Masuk ke buku alamat – import pada bagian menu lalu ikuti petunjuk yang diberikan. Namun cara ini bisa membuat kontak ganda atau duplikat kontak.
  1. Selain itu bisa mentransfer menggunakan memori internal atau biasa sering disebut dengan SD card. Dengan menggunakan memori ini Anda bisa memilihnya sebagai tujuan kontak yang ingin di transferkan.

Dengan menghubungkan perangkat ke PC dan Anda dapat menemukan file .vfc pada system di perangkat yang digunakan. Setelah itu salinlah file ke lokasi di PC ke perangkat baru. Selanjutnya masuk ke Address book – import ke Smartphone baru – pilih internal storage – lalu temukan  file .vfc – open dan import ke daftar kontak.

  1. Jika Anda pengguna iPhone ataupun Android, mungkin untuk pemindahannya agar sedikit rumit. Ada dapat menggunakannya dengan cara meng sinkronisasikan akun Google. Dengan cara tersebut Anda dapat menyelaraskan Gmail, Calender maupun kontak yang ada di iPhone Anda.
  2. Sekarang mentransfer kontak dari Android ke iPhone dengan cara masuk ke account – pilih account – nanti Anda akan menemukan Google masuk ke daftar. Jika memilih transfer kontak menggunakan akun google bisa menggunakannya dengan cara login akun Google ke iPhone. Dengan cara ini kontak akan tampil pada buku telepon iPhone.

Berikut cara untuk mentransfer kontak pada Smartphone lama ke Smartphone baru. Silahkan mencobanya.