Powerbank dengan tubuh manusia. Berkshire melaporkan bahwa masyarakat akan hadir dalam teknologi terbaru sehingga Anda dapat mengisi baterai ponsel Anda dengan menggunakan panas tubuh manusia yang kemudian ditransfer ke roda air listrik. Hal ini diungkapkan oleh salah satu operator jaringan selular di Inggris, yaitu Vodafone. Vodafone mengungkapkan bahwa teknologi ini disebut Pocket Power.

Teknologi yang membuat panas tubuh manusia menjadi perubahan energi listrik dengan teknologi yang disebut termokopel. Apakah itu? Termokopel berbentuk sepasang bahan termoelektrik yang begitu kecil dan fleksibel. Termokopel ini berfungsi untuk menangkap panas dari tubuh manusia yang kemudian dicetak dan melekat pada baju atau saku di celana Anda.

Profesor sistem elektronik di University of Southampton bernama Stephen Beeby menyatakan bahwa “Satu sisi tas ke sisi lain dari dingin dan panas. Ketika tubuh Anda memproduksi panas melalui tas, Anda sedang menciptakan tegangan dan arus. Tegangan dan arus secara bersamaan menghasilkan gaya gerak listrik. ”

Kemudian, listrik yang diciptakan oleh perbedaan suhu antara lapisan dalam dan luar dari tas yang kemudian digunakan sebagai energi baterai pengisi daya ponsel Anda. Jadi, sistem bekerja seperti ini jika ponsel Anda ditempatkan selama 4 jam di saku celana yang memiliki termokopel, secara otomatis baterai ponsel Anda akan mengisi baterai sendirinya selama sekitar 4 jam pula.

Perangkat ini telah tersedia di Isle of Wight Festival, Inggris dan akan hadir juga di lain sponsor festival Vodafone.

Inovasi teknologi di sekitar pengisian baterai ponsel melalui panas tubuh sudah pernah dilakukan sebelumnya oleh seorang mahasiswa pascasarjana dari Wake Forest University, di North Carolina, Amerika Serikat yang bernama teknologi Power Felt. Inovasi pengisian ponsel lain juga dapat dilakukan dengan bersepeda, dengan air dan listrik yang dapat mengisi baterai ponsel hanya dalam waktu 20 detik.