Menghapus Penggunaan Data Penuh di Android – Kini hampir semua orang memiliki smartphone android. Androidpun sudah terkenal dikalangan orang-orang. Dan ada yang pernah mengalami namanya penggunaan data penuh.

menghapus-penggunaan-data-penuh-di-android

Munculnya peringatan penggunaan data penuh di android, artinya menandakan penggunaan data yang telah kita atur sebelumnya sudah melewati garis batas. Hal inipun sangat mengganggu kita. Kita harus mengatur ulang pengaturan, karena jika tidak kita atur ulang, pemberitahuan akan terus muncul di notifikasi bar.

Cara kerja fitur data usage ini yaitu dengan menghitung dan menampilkan sebuah grafik dari data seluler yang telah kita gunakan.  Sebagai contoh, fitur usage ini bekerja dan menganalisa ketika kita sedang chatting ataupun aplikasi yang berjalan di latar. Data akan dihitung dan digambarkan dengan grafik yang akan terus bertambah dengan seiringnya siklus atau waktu yang telah kita atur.

Sebenarnya fitur usage ini sangat berguna untuk mengontrol supaya kita tidak boros dalam pemakaian data internet. Namun bagi mereka yang merasa terganggu dengan notifikasi ini, kalian dapat menghapus penggunaan data penuh di android dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Hapus File Dengan Root

Kalian bisa menghapus penggunaan data android secara permanen dengan cara mengakses kedalam sistem root. Lakukanlah root terlebih dahulu. Kemudian gunakan aplikasi explorer seperti ES File Explorer. Setelah itu carilah dan masuk ke /data/system/nestats, dan hapus semua file dalam folder tersebut kemudian reboot androidmu. Setelah itu, jika kalian periksa pengaturan data usage, maka semua history akan kembali kosong.

  1. Factory Reset

Cara menghapus penggunaan data penuh di android selanjutnya yaitu dengan mengembalikan smartphone android ke data pabrik, atau yang biasa disebut dengan factory reset. Semua data dari akun kalian akan dibersihkan dari smartphone dan memasang kembali aplikasi. Oh iya, pastikan kalian ingat semua akun untuk log in di masing-masing aplikasi yang sering kalian gunakan.

Itulah beberapa cara mudah menghapus penggunaan data penuh di android secara permanen. Menghapus penggunaan data penuh ini tidak bisa dilakukan langsung di pengaturan data usage. Kalian hanya perlu melakukan 2 cara yang sudah dibahas di atas. Semoga bermanfaat teman 😀