Sudah suatu hal yang lumrah seseorang memiliki perangkat teknologi seperti smartphone. Dari anak-anak sampai orang dewasa semuanya sudah memiliki ponsel pintar ini, entah untuk kebutuhan pekerjaan, bisnis, hiburan atau hanya sekedar untuk tampil modis dimata teman-teman.

Dari sekian banyak pengguna smartphone kita pasti pernah menggunakan smartphone kita pada saat proses pengecasan. Tapi apakah menggunakan smartphone pada saat pengecasan dapat merusak smartphone itu sendiri atau tidak ada dampaknya sama sekali ? Sebenarnya menggunakan smartphone pada saat proses pengecasan berbahaya bagi smartphone itu sendiri. Mau tau apa aja bahayanya ? Ini dia ulasannya.

Baterai smartphone yang sedang dalam proses pengecasan bila digunakan untuk bermain game, aktivitas pesan yang terus-menerus, apalagi menggunakan untuk mentelepon maka akan memperpendek umur baterai tersebut. Hal ini dikarenakan daya masuk (input) dan daya keluar (output) berbeda sehingga mengeluarkan arus yang berbeda pula. Penggunaan smartphone untuk mentelepon pada saat pengecasan akan memperbesar resiko baterai meledak dan kejadian ini sudah banyak terjadi.

Selain dapat merusak baterai, penggunaan smartphone pada saat pengecasan dapat merusak komponen yang ada pada smartphone terbukti dengan smartphone yang terasa hangat dan lebih baik bila kita tidak menggunakannya untuk mencegah rusaknya komponen pada smartphone. Dan yang perlu diperhatikan adalah ketika baterai smartphone kita sudah menggelembung diharapkan tidak digunakan untuk aktivitas apapun pada saat proses pengecasan, hal ini terjadi karena sel-sel dalam baterai sudah ada yang bocor sehingga rawan untuk meledak.

Cukup sekian untuk hari ini semoga ulasan berikut dapat bermanfaat :) Terima kasih 😀