Hello Kawan kali ini saya mau berbagi tentang tipe-tipe baterai pada smartphone nih, daripada lama-lama yuk kita lihat bacaan di bawah ini.

Merupakan sumber daya listrik dari sebuah smartphone untuk mengoperasikan perangkat pada smartphone itu sendiri, sehingga perangkat tersebut bisa menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada pada smartphone. Selama ini kita mengetahui ada beberapa jenis baterai pada ponsel atau smartphone, apa saja jenis baterai tersebut yuk kita lihat ulasan berikut.

1. Lithium Ion ( Li-Ion )

Tipe baterai yang paling popuer dan paling sering dijumpai pada peralatan elektronik seperti smartphone, karena memiliki salah satu kepadatan energi terbaik, tanpa efek memori dan pengurangan daya baterai akan berkurang lambat bila tidak sedang digunakan.

2. Lithium Polymer ( Li-Poly )

Merupakan teknologi baterai terbarukan yang sudah digunakan untuk baterai pada gadget, dengan berat yang ringan sehingga membuat para produsen gadget menggunakan tipe baterai Lithium Polymer ini.

3. Nickle Metal Hybrid ( NiMH )

Baterai ini masih memiliki efek memori tapi hanya bersifat sementara, berbeda dengan baterai generasi pertama NiCad. NiMH ini tak perlu menunggu hingga daya baterainya habis untuk melakukan pengecasan, namun dengan konsekuensi akan cepat habis bila dicas pada saat baterainya masih memiliki daya, tetapi itu hanya sementara, setelah baterainya benar-benar habis maka saat pengisian ulang akan kembali normal.

4. Nickle Cadmium ( NiCad )

Generasi baterai yang paling awal dibuat dengan ilmu teknologi pada zamannya. Baterai ini tidak ramah lingkungan karena kandungan Cadmium-nya yang beracun, selain itu untuk melakukan pengisian ulang daya baterai harus dalam keadaan baterai kosong ( tidak ada daya ) jika dipaksakan mengisi ulang baterai pada saat dayanya masih ada itu akan membuat baterai ini rusak. Saat ini sudah tidak gadget yang menggunakan baterai ini.

Cukup sekian dulu yah untuk hari ini, kita akan lanjut pada bagian 2 nanti. Semoga Bermanfaat :) Terima kasih