Mengenal Soft Reset & Hard Reset Pada Android (2017) – Ada banyak jenis reset yang berhubungan dengan ponsel contohnya soft resert dan hard reset. Perlu banyak yang harus kita ketahui dari kedua reset ini. Apa itu soft dan hard reset, untuk apa, bagaiamana caranya dll. Pada artikel ini saya akan berbagi informasi mengenai soft dan hard reset, berikut penjelasannya.

Apa Itu Soft Reset?

Apa yang dimaksud dengan Soft Reset? Soft Reset adalah reset paling mudah yang dapat dilakukan di ponsel kita. proses untuk mengembalikan pengaturan handphone kembali sama ke pengaturan pabrik. Atau lebih tepatnya mengembalikan pada pengaturan seperti baru saja membeli handphone tersebut

Bagaimana Cara Melakukan Soft Reset?

Beberapa ponsel memiliki opsi Restart yang akan memungkinkan ponsel kita untuk matik dan akan hidup kembali dengan sendirinya. Cara meresetnya bisanya tekan lama tombol off dan pilih Restart

Apa Itu Hard Reset?

Hard reset juga yang sering disebut dengan ” Factory Reset “ yaitu proses yang lebih serius dalam melakukan penghapusan di dalam sistem Android kita. Dengan kita melakukan Hard Reset maka otomatis akan menghapus semua data yang terdapat di smartphone kita dan akan mengembalikannya seperti awal kita melakukan pembelian ponsel.

Bagaimana Cara Melakukan Hard Reset ?

Cara melakukan Hard Reset tergantung pada jenis ponsel yang kita miliki, sistem operasi apa yang sedang berjalan pada ponsel kita. Tidak semua ponsel melakukan Hard Reset dengan cara yang sama. Misalnya kebanyakan ponsel Android Hard Reset dengan menahan kombinasi tombol tertentu seperti memegang volume bawah dan tombol daya selama 15-20 detik kemudian melepaskan kunci tersebut dan kemudian menggunakan tombol volume untuk navigasi dan memilih opsi Hard Reset  kemudian gunakan tombol daya untuk membuat seleksi. Hal ini sangat berguna jika kita lupa password atau memiliki masalah pada perangkat lunak yang menyebabkan layar sentuh menjadi tidak responsif.
#Perlu diingat bahwa Hard Reset akan menghapus semua data dari ponsel. Pastikan untuk backup data yang tidak ingin dihilangkan . Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.