Salah satu fitur ponsel kamera yang sangat di di butuhkan bagi para pecinta ponsel atau smartphone adalah fitur autofokus, karena dengan adanya fitur ini gambar yang di hasilkan akan lebih indah dan halus di banding dengan ponsel kamera lainnya.

Cara kerja kamera baik pada kamera profesional ataupun kamera ponsel hampir sama dengan bola mata. Bila kita melihat objek dengan jarak dekat (misalnya 30cm) maka objek yang di belakangnya akan terlihat kabur. Namun jika kita melihat objek yang jauh maka mata akan terfokus pada objek yang jauh dan objek yang dekat akan terlihat kabur.

Untuk mengenal autofokus pada kamera ponsel yaitu bisa di dapat dengan cara, sebagai berikut :

  1. Memanfaatkan Fitur KameraAutofokus kamera ponsel ini bisa di lakukan dengan memanfaatkan fitur yang terdapat pada posel, misalnya dengan fotografi makro, memperhatikan jarak, sudut pengambilan, dan perhatikan backlight.
  2. Aksesories Tambahan
    • LED Flash, penggunaan LED flash bisa pada lingkungan yang gelapatau minim cahaya. Dengan bantuan LED flash proses autofokus menjadi lebh mudah dan cepat.
    • Autofokus Khusus, autofokus ini semacam sensor. Pada teknologi sebelumnya, autofokus pada ponsel dengan memanfaatkan prosesor, tapi kini sudah ada yang menggunakan sensor khusus yang mampu menghitung jarak sebuah objek sehingga mendapatkan fokus yang tepat.
    • Lensa Tambahan, biasanya di sematkan pada ponsel. Dengan adanya lensa tambahan pada ponsel akan dapat membantu kamera mendapatkan autofokus dengan lebih cepat. Contoh lensa tambahan adalah lensa tele, lensa wide, dan lensa makro.
  3. Aplikasi TambahanAplikasi tambahan disini bisa di dapatkan dengan beberapa aplikasi yang terdapat pada Smartphone Android, seperti HD Camera Ultra, Camera FV-5, High-Speed Camera dan masih banyak lagi