Pernahkah kalian bertanya, kenapa ketika membuka smartphone yang baru dibeli sudah ada aplikasi di dalamnya ? Kemudian, kenapa ketika kita cek memory pada smartphone yang seharusnya 32GB hanya tersisa di bawah 32GB ? Nah, itu adalah ulah bloatware, apakah itu virus ? bukan, bloatware adalah sebutan untuk aplikasi bawaan perangkat yang sudah ditanam dari pabrikan.

Bloatware tidak terlalu penting, bahkan membebani kinerja smartphone, karena memakai resource (CPU, RAM dan Storage). Namun, kalian bisa mengatasinya dengan menonaktifkannya dan cukup aman, tidak terlalu mempengaruhi sistem Android. Bloatware mempunyai sebutan atau istilah lain, yaitu “safe to remove apps”, “junk apps”, atau “non essenstial apps (pen)”.

Bloatware digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu bloatware bawaan sistem Android dan sisipan dari vendor perangkat smartphone tersebut. Berikut ini ulasan singkat Mengenal Apa Itu yang Dimaksud Bloatware pada Smartphone Android.

Apakah Bloatware Berbahaya ?

TIDAK, karena bloatware merupakan aplikasi bawaan dari perangkat atau sistem operasi, tentu saja sangat aman. Namum, terlalu banyak aplikasi membuat kita menjadi terganggu, apalagi jika tidak berguna atau jarang dipakai, hanya membuat memory dan ruang penyimpanan semakin menjadi penuh saja.

Apakah Semua Bloatware Adalah Sampah ?

TIDAK, karena masih ada aplikasi bawaan yang penting dan cukup berguna juga yang terkadang tidak dapat ditemukan di situs berbagi pakai mana pun.

Apakah Bloatware Perlu Dihapus ?

Maybe yes, maybe no, karena bagi orang awam sangat sulit untuk menghapus bloatware di mana harus melakukan sebuah istilah yang dinamakan “root”, apalagi dengan melakukan root dapat menghilangkan garansi pada perangkat. Lagipula biasanya ruang penyimpanan yang dibutuhkan bloatware tidak terlalu besar, tetapi mengganggu memenuhi daftar aplikasi yang membuat sulit mencari aplikasi yang ingin dipakai.

Catatan:

Jika kalian ingin menghapus bloatware, maka itu terserah kalian, karena tidak ada salahnya juga. Namun, jika ada peringatan “menghapus bloatware dapat mengganggu sistem perangkat” sebaiknya jangan. Apalagi jika sistem pada perangkat smartphone Android kalian masih berjalan dengan mulus.

Itulah sedikit informasi Mengenal Apa Itu yang Dimaksud Bloatware pada Smartphone Android. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.