Gmail adalah layanan email milik google dan hampir semua orang menggunakan gmail. Gmail memiliki banyak kelebihan, salah satunya yaitu memiliki fitur arsip, dimana pesan email yang sudah lama dapat di arsip sehingga pesan-pesan email tersebut tidak lagi mengacaukan kotak masuk atau inboxmu. Email yang sudah diarsip tadi tidak di tampilkan lagi dalam inbox.

Nantinya pesan email yang sudah diarsip akan disembunyikan, tapi kamu masih bisa lihat email tersebut. Bukan hanya itu, kamu juga bisa mengembalikan email tersebut ke kotak masuk atau inboxmu lagi loh 😀

Dalam artikel ini saya akan berbagi beberapa cara untuk dapat menemukan email yang sudah diarsip di gmail. Cara ini sangat penting karena bagi pengguna baru yang tidak tahu tentang arsip gmail ini, kadang mereka tidak sengaja menekan tombol arsip dan mereka tidak tahu caranya menemukan dan mengembalikan email yang sudah di arsip di gmail.

Berikut beberapa cara untuk menemukan dan mengembalikan email yang sudah di arsip di gmail:

1. Menggunakan gmail di website

Login akun gmail kamu di web browser. Pesan yang sudah di arsip masih bisa muncul di hasil pencarian selama kamu tahu pengirim, subjek dan isi pesan atau bagian lain dari pesan tersebut. Untuk melakukan pencarian email dengan cara ini, kamu bisa menggunakan bar pencarian di bagian atas halaman gmail dan ketikkan nama pengirim, subjek email, atau isi pesan.

pencarian-gmail-di-website

Setelah email yang kamu cari sudah muncul, klik pesan arsip yang ingin kamu pindahkan ke inbox, lalu klik ‘Move to Inbox’. Dengan cara ini, email yang tadi diarsipkan akan kembali ke kotak masuk lagi dan secara otomatis diurutkan berdasarkan tanggal aslinya.

2. Menggunakan app mobile

Buka aplikasi gmail dan login akun gmailmu. Setelah itu, klik icon kaca pembesar di bagian pojok kanan atas. Lalu ketik nama pengirim, subjek atau isi pesan dari pesan tersebut.

pencarian-gmail-di-app-mobile

Setelah ketemu, kamu bisa klik pesan tersebut dan klik tombol menu di pojok kanan atas.

 menu-di-pojok-kanan-atas-gmail

Lalu kamu klik ‘move to inbox’. Secara otomatis pesan arsip tersebut akan pindah ke pesan masukmu.

move-to-inbox-di-gmail

Diatas adalah cara untuk menemukan email yang sudah diarsip di Gmail. Kalian bisa pilih salah satu dari dua cara diatas. Ada cara yang melalui browser maupun di perangkat mobile. Semoga artikel ini dapat membantumu menemukan email yang sudah diarsip di gmail. 😉