memotret-bagus-dengan-kamera-handphone-2

Kalau kalian pergi berlibur pastinya kalian mengabadikan momen tersebut untuk dijadikan sebagai kenangan. Tapi apa jadinya kalau kalian ngga bawa kamera digital atau SLR. Sebenarnya hanya dengan menggunakan handphone saja kita bisa menghasilkan gambar yang bagus loh. Ada beberapa tips dan trik memotret bagus dengan kamera handphone. Apa aja sih? Yuk baca selanjutnya 😉

1. Cahaya menerangi obyek

Pastikan agar chaya yang menerangi obyek foto mencukupi, hasil foto outdoor akan lebih bagus dibandingkan dengan hasil foto indoor. Jika ada flash, gunakanlah. Jarak yang efektif dari flash adalah sekitar 2-3 meter.

2. Pegang handphone dengan stabil

Pegang handphone sestabil mungkin, karena akan membuat hasil foto kita jadi bagus. Usahakanlah tangan kita memegangnya dengan stabil dan tidak bergoyang. Atau untuk lebih bagusnya lagi, gunakanlah alat penyangga seperti meja, tembok, atau tripod untuk handpone.

3. Jangan gunakan zoom

Jangan gunakan zoom disini maksudnya supaya mendekat pada obyek. Karena dengan pemakaian zoom akan menurunkan resolusi fotomu secara keseluruhan dan membuat foto tidak tajam. Dengan menggunakan zoom fotomu akan menjadi jelek.

4. Gunakan resolusi tertinggi

Dengan menggunakan resolusi tertinggi, fotomu akan memiliki detail lebih banyak dan bisa dicetak dengan ukuran yang lebih besar.

5. Bersihkan lensa kamera

Untuk memotret bagus menggunakan handphone, kamu harus membersihkan lensa kamera handphonemu. Karena sebagus apapun obyek foto jika lensa kameranya kotor pasti hasilnyapun akan jelek. Gunakan kain yang lembut untuk membersihkan lensa kamera handphonemu. Bersihkanlah lensa kamera handphonemu secara berkala.

6. Mencoba memotret dari tempat yang tidak biasa

Memotret dari sudut yang biasa-biasa saja akan membuat hasilnyapun biasa-biasa saja. Maka dari itu, cobalah memotret dari tempat yang tidak biasa. Sebagai contoh, kamu bisa memotret sambil jongkok dan memotretlah dari sudut yang lebih rendah dari objek fotonya. Dengan begitu, orang yang melihat hasil foto kita akan memberikan kesan yang menarik.

7. Tambahkan efek filter yang pas

Tambahkan efek filter dengan tujuan utama untuk memperkuat kesan foto, bukan menghiasnya. Menambahkan efek filter jangan berlebihan, yang sewajarnya saja lah. Yang kamu lakukan cukup menambahkan kontras, vignette dan tambahkan brightness jika diperlukan.

8. Memotretlah sesering mungkin

Dengan sering-sering kamu memotret, maka skill memotretmu akan bertambah. Semakin sering kamu berlatih, semakin mahir juga kamu mendapatkan hasil yang bagus dengan memotret menggunakan handphone.

Itulah beberapa tips dan trik memotret bagus dengan kamera handphone. Semoga bermanfaat teman-teman. Kamu juga bisa share tips dan trik ini pada teman-teman supaya kamu dan temanmu bisa menjadi ahli fotografi mobile. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 😉