Selain akan menghadirkan fitur panggilan telepon berbasis video, gaung fitur baru whatsapp yang memungkinkan penggunanya “memanggil” temannya kedalam percakapan memang sempat berhembus dipertengahan juni lalu. Fitur ini sebenarnya sudah banyak diterapkan diperbagai aplikasi sejenis, sebut saja facebook dan path. Melalui fitur ini, penggunanya dimungkinkan memanggil salah satu atau mungkin beberapa teman dari kontaknya kedalam percakapan meskipun teman tersebut tidak berada dalam percakapan sebelumnya.

Dalam pembaharuan teranyarnya yaitu whatsapp versi 2.16.272 khusus Android dan iOS, fitur memanggil teman sudah tersedia dan sudah dapat digunakan oleh penggunanya. Yang perlu anda catat adalah, fitur memanggil teman ini hanya bisa dilakukan melalui percakapan didalam group. Khusus percakapan secara personal, fitur ini tidak bisa digunakan karna merupakan percakapan langsung. Fitur memanggil teman juga belum tersedia untuk whatsapp versi web maupun diperangkat berbasis Windows Phone.

 

Cara menggunakan fitur ini adalah dengan membubuhkan karakter “@” (tanpa tanda petik) kedalam kolom percakapan group maka secara otomatis akan muncul autocomplete daftar kontak yang ada didalam group. Keunggulan fitur memanggil teman ini, si pengguna akan menjadi lebih peka ketika ia dipanggil didalam percakapan group. Karna, meski si pengguna mengaktifkan mode senyap kedalam group, ketika namanya dipanggil kedalam percakapan group bunyi notifikasi dari whatsapp akan tetap muncul.

 

Selain menghadirkan fitur memanggil teman kedalam percakapan group, whatsapp juga berencana akan menghadirkan fitur emoji berukuran besar dan group publik.