Macam-macam Sensor yang Terdapat Dalam Smartphone Beserta Fungsinya . “Barangkali karna ada kamu yang begitu penting”. Well, beberapa hal harus kita sepakati, sebagai contoh “Sebagian besar smartphone telah dilengkapi dengan sensor yang terintegrasi didalamnya”, “Mungkin” karna cara kerjanya yang mampu menganalisa data dengan presisi serta cepat dan dengan tingkat akurasinya yang tinggi, merespon berbagai hal berdasarkan gerakan, orientasi, dan berbagai kondisi lingkungan didekatnya. Sensor pada sebuah smartphone sudah menjelma menjadi sesuatu yang harus ada karna fungsinya yang begitu penting.

Macam-macam Sensor yang Terdapat Dalam Smartphone Beserta Fungsinya

Sensor pada sebuah smartphone dapat dikatakan sebagai alat yang biasa digunakan untuk mengukur, menganalisa, memantau suatu kondisi pada sebuah smartphone dan kemudian merespon semua hal tersebut terhadap perubahan di sekitar smartphone. Alat ini dapat ditemukan pada perangkat modern seperti smartphone dengan sistem operasi seperti Android, iOS bahkan di WindowsPhone. Sensor pada sebuah smartphone ada banyak jenisnya, pada artikel kali ini akan penulis bahas beberapa sensor yang wajib ada pada sebuah smartphone beserta kegunaannya. Check it out!!!!!

Macam-macam Sensor yang Terdapat Dalam Smartphone Beserta Fungsinya

Accelerometer

Sensor Accelerometer adalah salah satu sensor yang wajib ada pada semua smartphone. Sensor Accelerometer ini berfungsi untuk menentukan derajat kemiringan pada sebuah smartphone. Pada dasarnya fungsi sensor Accelerometer pada sebuah smartphone berguna untuk mengubah tampilan layar dari posisi landscape menjadi portrait pun sebaliknya, sehingga tampilan menu dan aplikasi yang di tampilkan pada layar smartphone akan menyesuaikan posisi dari smartphone tersebut. Salah satu contoh fungsi sensor Accelerometer yang sering digunakan sensor ini adalah pada aplikasi game, semisal pada game balapan mobil, dengan sensor Accelerometer pemain game balap mobil dapat mengendalikan kemudi hanya dengan cukup memiringkan smartphone saat belok ke kanan atau ke kiri.

Macam-macam Sensor yang Terdapat Dalam Smartphone Beserta Fungsinya

Gyro

Gyro sensor pada dasarnya dimaksudkan sebagai penyempurna sensor Accelerometer, sensor ini digunakan untuk mendeteksi gerakan sesuai gravitasi, atau dengan kata lain mendeteksi gerakan pengguna pada smartphone. Fungsi sensor gyro ini dapat teman-teman lihat pada sebuah game pertempuran, sebelum adanya sensor gyro bila kita ingin melihat situasi sekeliling secara keseluruhan yang ada pada game semacam ini, kita akan diminta untuk menyapu layar secara terus menerus untuk berputar, namun dengan hadirnya gyro sensor ini untuk melihat situasi sekeliling secara keseluruhan kita cukup menggerakan smartphone dengan gerakan memutar sesuai gravitasi seperti saat sedang benar-benar melihat sekeliling.

Macam-macam Sensor yang Terdapat Dalam Smartphone Beserta Fungsinya

Proximity

Macam-macam Sensor yang Terdapat Dalam Smartphone Beserta Fungsinya . Sensor Proximity adalah sebuah sensor yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan suatu objek tanpa harus melakukan kontak fisik. Pada sebuah smartphone fungsi proximity sensor salah satunya adalah untuk menonaktifkan layar sementara secara otomatis pada saat menelpon.  Cara kerja sensor ini adalah dengan mendekatkan smartphone pada telinga saat menelpon, maka otomatis lampu pada layar smartphone akan mati/nonaktif secara sementara dan akan aktif kembali ketika sudah selesai menelpon. Jadi sensor ini sangat penting untuk menghemat baterai saat pemakaian telepon dan mengurangi tingkat kesalahan tekan saat smartphone berada dekat dengan kulit wajah.

Macam-macam Sensor yang Terdapat Dalam Smartphone Beserta Fungsinya