Macam-macam Sensor yang Terdapat Dalam Smartphone Beserta Fungsinya Part 3. “Bahkan diantara yang terbaik, masih ada aku”. Well, tidak melulu harus ada pada sebuah smartphone, nyatanya beberapa sensor dibuat atau lebih tepatnya dikhususkan untuk sebuah aksesoris digital semacam smartwatch. Sebut saja sensor penghitung denyut jantung atau biasa disebut Heart Rate Sensor. Meski pada awal kemunculannya heart rate sensor diaplikasikan pada sebuah smartphone, pada perjalanannya heart rate sensor lebih banyak diaplikasikan pada sebuah smartwatch bahkan sony salah satu produsen smartphone asal jepang turut menghadirkan fitur Heart Rate pada smartband anyarnya yaitu Sony Smartband 2.

Macam-macam Sensor yang Terdapat Dalam Smartphone Beserta Fungsinya Part 3

Pada artikel sebelumnya, sudah sempat penulis bahas beberapa sensor yang ada atau bahkan wajib ada pada sebuah smartphone. Kali ini akan penulis bahas beberapa sensor tambahan pada sebuah smartphone yang tidak wajib ada.

Heart Rate Sensor

Seperti yang sudah disebutkan diawal, pada mulanya sensor yang memungkinkan penggunanya untuk memonitor detak jantung ini, diawal debutnya memang diaplikasikan pada sebuah smartphone yaitu Samsung Galaxy S5 dan Samsung Galaxy Note 4. Namun tidak seperti fitur sensor fingerprint yang lantas banyak ditiru oleh banyak produsen lain, sensor heart rate secara alami menasbihkan dirinya sebagai mutlak milik Samsung Galaxy Series. Tetapi, hal tersebut bukan berarti fitur ini tidak dilirik oleh produsen sejenis, pada perjalananya heart rate sensor banyak diaplikasikan pada sebuah aksesoris digital seperti Smartwatch dan Smartband.

Macam-macam Sensor yang Terdapat Dalam Smartphone Beserta Fungsinya Part 3

Ambient Light Sensor

Macam-macam Sensor yang Terdapat Dalam Smartphone Beserta Fungsinya Part 3. Secara sederhana, Ambient Light Sensor dapat dikatakan adalah sebuah sensor yang berfungsi untuk mendeteksi intensitas cahaya yang berada disekitar smartphone. Sensor ini difungsikan untuk membantu mengatur tingkat kecerahan pada layar sebuah smartphone. Pada intinya sensor ini akan membantu saat dalam keadaan gelap secara otomatis sensor ini akan mengatur brightness ke level terendah, pun sebaliknya ketika di ruang yang terang maka level brightness otomatis akan dinaikkan ketitik yang pas agar layar smartphone menjadi mudah dilihat. Pada akhirnya dengan adanya sensor Ambient Light Sensor pada sebuah smartphone akan menghemat penggunaan baterai secara signifikan sekaligus mempermudah pengguna smartphone agar tidak harus selalu mengatur kecerahan layar smartphone mereka secara manual.

Macam-macam Sensor yang Terdapat Dalam Smartphone Beserta Fungsinya Part 3