Sekarang ini banyak sekali hal yang bisa kita lakukan melalui smartphone. Contohnya saja kita smartphone bisa kita gunakan untuk berkomunikasi dengan teman-teman, bermain game, menonton film secara streaming, dan masih banyak lagi. Karena setiap hari smartphone itu kita gunakan, tentunya besar resikonya smartphone kita cepat rusak. Apakah kalian sudah mengetahui lima hal yang jangan dilakukan supaya smartphone awet?

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai lima hal yang jangan dilakukan supaya smartphone awet.

1. Males Download Update Software

Ketika smartphone android kalian mendapatkan update, maka sebaiknya segera download. Setiap kali ada pemberitahuan update sistem operasi, maka Google bukan hanya akan memberikan tampilan yang baru saja, tetapi juga akan menambahkan fitur baru dan menambah sistem keamanan. Oleh karena itu, kalian jangan malas download update software supaya smartphone kalian tidak mudah rusak.

2. Lupa Mengunci Smartphone

Smartphone pasti kita gunakan setiap harinya, itu berarti banyak pula data yang tersimpan didalamnya. Data itu bisa berupa foto, video, data pekerjaan sampai percakapan penting yang ada di smartphone. Untuk itu, amankan semuanya dengan selalu mengunci layar smartphone kalian dan jangan sampai lupa ya menguncinya.

3. Jangan Mengisi Daya Lewat Colokan USB Komputer

Salah satu cara supaya smartphone kalian awet yaitu jangan mengisi data lewat colokan USB komputer. Maka sebaiknya kalian harus membawa charger bawaan dari smartphone kalian kemanapun kalian pergi. Jangan sekali-kali kalian mengisi daya smartphone android kalian melalui colokan USB komputer, karena hal ini hanya akan merusak baterai smartphone kalian.

4. Jangan Lupa Backup Data

Kalau misalkan banyak data yang penting di smartphone kalian, maka jangan lupa untuk backup. Contohnya kalian bisa backup obrolan di aplikasi pesan instan ke Google Drive, lalu foto ke Google Photos atau kalian bisa juga backup ke komputer.

5. Jangan Sembarangan Menginstall Aplikasi

Sekarang ini banyak sekali aplikasi yang tersedia di Google Play Store, dan kita tidak tahu apakah semua aplikasi itu aman atau tidak. Untuk itu, kalian jangan sembarangan menginstal aplikasi-aplikasi tersebut. Jika kalian sembarangan menginstal aplikasinya itu bisa-bisa smartphone kalian terancam malware berbahaya.

Nah, itulah Lima Hal Yang Jangan Dilakukan Supaya Smartphone Awet. Semoga bermanfaat 🙂