Telegram dan whatsapp adalah 2 aplikasi chatting yang sangat mirip. Aplikasi chatting yang lebih dulu keluar yaitu whatsapp dibandingkan telegram dan otomatis untuk penggunanya juga lebih banyak whatsapp dibandingkan telegram. Tapi ada beberapa keunggulan dari telegram yang harus Anda ketahui

  1. Tentang telegram
    Untuk mendaftar telegram sebenarnya sama dengan whatsapp yaitu dengan menggunakan nomor telepon yang bisa Anda gunakan sebagai ID. Namun ada 1 keunggulannya yaitu Anda bisa menggunakan username untuk saling terhubung dengan pengguna lainnya, kalau di whatsapp hal ini tidak bisa digunakan. Dengan adanya username yang bisa menghubungkan Anda dengan pengguna lain, maka nomor telepon Anda tidak akan tersebar begitu saja, makanya telegram disebut sebagai aplikasi yang lebih aman dibandingkan whatsapp.
    Telegram bisa diakses di platform apapun, Anda bisa mengaksesnya di iOS, Android, Windows Phone, Mac, Windows OS dan Chrome. Telegram memang aplikasi berbasis cloud sehingga proses sinkronisasi berjalan sangat baik. Kalau Anda ingin mengakses whatsapp di web browser Anda maka aplikasi whatsapp di smartphone Anda harus aktif namun untuk telegram ini tidak begitu, kalau Anda ingin mengakses telegram di web browser Anda maka aplikasi telegram di smartphone Anda tidak harus aktif.
  2. Tentang whatsapp
    Cara mendaftar whatsapp sama dengan telegram namun di whatsapp ini tidak disediakan fitur username yang bisa menghubungkan Anda dengan pengguna lain tanpa nomor telepon Anda diketahui orang lain. Dan perlu Anda ketahui kalau whatsapp ini tidaklah gratis, ketika memasuki tahun kedua penggunaaan whatsapp Anda akan dikenakan biaya, memang tidak terlalu mahal hanya $0,99 per tahun. Seperti yang sudah dibahas di bagian telegram kalau Anda ingin mengakses whatsapp di web browser Anda maka aplikasi whatsapp di smartphone Anda harus aktif.

Setelah dilihat lagi ternyata lebih banyak keunggulan telegram dibandingkan whatsapp. Untuk Anda yang ingin menggunakan aplikasi chatting yang lebih baik, saya sarankan untuk memilih telegram karena telegram lebih baik dari whatsapp.

Semoga bermanfaat 🙂