Membuat mobile app sekarang ini bisa menjadi pilihan karir yang menguntungkan. Banyak perusahaan dan usaha sekarang membutuhkan pembuat app, jadi order pasti banyak. Sekalipun tidak digunakan sebagai jalur karir, belajar membuat mpbile app sendiri juga bisa menjadi aset skill yang menguntungkan.

Bagi Anda yang ingin memulai belajar membuat mobile app sendiri, ada langkah mudah yang bisa diambil untuk berlatih. Nah, maru bersama-sama melihat langkah-langkah tersebut:

Lakukan Perencanaan

Hal yang paling penting dalam membuat mobile App adalah melakukan perencanaan detail. Hal yang perlu Anda buat rencananya antara lain

  • Mobile seperti apa yang akan Anda buat?

Pertanyaan ini untuk menyempitkan imajinasi Anda soal app yang akan dibuat. Listkan semua hal yang menurut Anda penting bagi mobile App tersebut.

  • Apa tujuan dari mobile App tersebut?

Mobile app tentu memiliki fungsi dan tujuan tertentu. Deskripsikan secara jelas semua hal itu untuk memastikan desain Anda fokus.

  • Di mana user akan menggunakannya?

Hal ini penting untuk dipikirkan. Misalnya saja app untuk menghitung jarak lari, App ini akan digunakan di outdoor dan dalam posisi bergerak. Untuk memenuhi hal ini Anda lebih baik membuat icon tombol dan tulisan yang besar agar masih mudah digunakan saat berlari.

  • Platform apa yang Anda target?

Semua app tentu ingin ada di semua platform, tapi memiliki fokus platform tertentu akan memudahkan Anda untuk menarget pasar. Contoh jika ada iOS Anda berarti mentarget pengguna yang menengah ke atas karena hanya orang golongan itulah yang dapat membeli smartphone Apple.

Setelah menjawab semua pertanyaan di atas dan membuat isinya, Anda sekarang memiliki gambaran jelas tentang app yang akan Anda buat. Jika ingin lebih bagus lagi, Anda juga bisa buat perencanaan lebih detail. Mulai dari ukuran app, tampilan dan masih banyak lagi bisa dibuat lebih detail dalam perencanaan.

Pilih Tool yang Tepat

Hal berikutnya setelah perencanaan adalah membuat mobile App-nya. Untuk hal ini Anda bisa pilih berbagai platform app creator yang tersedia. Untuk mendapatkan tool yang paling tepat Anda bisa lakukan research mandiri.

Perlu diingat bahwa kebanyakan app creator tool yang baik biasanya berbayar. Jadi Anda bisa coba cari yang menawarkan paket murah atau paket free. Nah, setelah dapat toolsnya, segeralah praktek membuat mobile app.

Cari Feedback

Setelah app jadi, pastikan lakukan tes uji coba. Anda bisa minta tolong saudara ataupun teman untuk mencoba menggunakan app yang Anda buat. Setelah mereka coba tanyakan pendapat mereka. Jika ada yang perlu diperbaiki atau ditambahkan, lakukan patch untuk membuat app ini lebih bagus.

Jika Anda masih bingung memulai sendiri, Anda bisa memanfaatkan jasa kursus seperti DUMET School. DUMET School adalah tempat kursus untuk segala sesuatu usaha yang berhubungan dengan internet. Hal seperti membuat website, serba – serbi bisnis online, belajar digital marketing, membuat app dari awal dan masih banyak lagi, bisa Anda dapatkan di sini. Tempat kursus ini menyediakan pengajar berkualitas dan juga fasilitas yang baik. Tunggu apa lagi? Ayo daftar sekarang juga!