Salah satu materi dasar dalam pengembangan aplikasi mobile Android adalah tampilan visual. Ada banyak komponen visual Android yang semakin bertambah seiring tingkat kerumitan. Tapi setidaknya Anda bisa mengenali dan memahami beberapa komponen dasar sehingga tak melakukan kesalahan saat mengembangkan aplikasi tersebut. Beberapa komponen visual tersebut antara lain adalah TextView, Button, TextField, List, GridView, Spinner dan Tab.

TextView

Fitur ini dirancang dengan basis HTML. Kita bisa menemukannya dalam bentuk statis dan dinamis. Fungsinya untuk menampilkan teks yang berada dalam sebuah aplikasi Android.

Button

Sesuai dengan namanya, ini adalah tombol yang berfungsi untuk menghubungkan satu sistem ke sistem lainnya. Ada beberapa jenis tombol seperti image, toggle dan tombol standar.

TextField

Yang dinamakan TextField XML layout yang menjadi bidang dari teks. Penguasaan TextField bisa diawali dari cara dasar merancang bidang dan ukuran yang tepat.

List

Perancangan dalam konsep List akan memudahkan pengguna melakukan navigasi antar panel. Hal ini juga bisa dikembangkan lebih canggih berdasarkan urutan sistem yang diterapkan.

GridView

Anda bisa melihat contohnya di layar beranda Android. Itulah yang dimaksud dengan Gridview. Kita bisa menampilkan seluruh ikon dari aplikasi yang terpasang dalam satu layar.

Spinner

Istilah lainnya adalah Combobox dan berfungsi sebagai panel yang dinamis dalam sebuah layar.

Tab

Sama halnya dengan Tab yang dimaksud dalam tampilan desktop website. Sistem pengaturan ini akan memudahkan navigasi dari pengguna aplikasi Android.