Seperti yang kita ketahui dulupun ada yang namanya Handphone untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Tapi bisa kita lihat ada perkembangan dari masa ke masa hingga saat ini sering kita sebut dengan Smartphone.

Handphone ataupun Smartphone ini sangat memudahkan sekali untuk komunikasi, selain cepat tepat pula informasi yang disampaikan. Tidak hanya informasi yang didapat di Smartphone, dengan adanya ini bisa membantu dalam kegiatan sehari hari. Bisa   file, gambar, video maupun yang lainnya. Tapi untuk Handphone lama atau yang sering disebut jadul (jaman dulu) itu tidak memiliki kegunaan seperti Smartphone masa kini, jangan salah Handphone jaman dulu memiliki kelebihan yang tidak ada di Smartphone masa kini.

Beberapa kelebihan yang dimiliki Handphone lama yang tidak ada di Smartphone masa kini:

  1. Handphone jaman dulu lebih hemat baterai. Ketika kita sedang ingin mendengarkan music, melakukan komunikasi dengan telp ataupun digunakan untuk sms biasanya daya baterai yang dimiliki akan lebih cepat habis. Tapi tidak dengan Handphone jaman dulu meskipun memiliki ukuran baterai dengan featured phone yang kecil. Karena daya baterai tidak dilihat dari featured phone dengan ukuran kecil atau besarnya. Featured phone yang biasa lebih hemat daripada featured Smartphone.
  2. Saat kita menggunakan Handphone ataupun Smartphone untuk menelepon seseorang pastinya memiliki durasi telepon yang cukup lama atau hanya sebentar saja. Apalagi masa kini sudah disediakan chipset untuk mengoptimalkan Smartphone. Memang kelebihan Smartphone memilki durasi yang sedikit karena dengan menelepon dengan durasi yang lama akan dapat mengboroskan daya baterai. Maka dari itu featured phone yang memiliki daya baterai yang kecil, handphone biasa dapat melakukan panggilan yang lama.
  3. Handphone jaman dulu lebih kuat. Bisa kita lihat Smartphone masa kini memilki tampilan ataupun design yang bagus nan menawan. Tapi tampilan itu tidak cukup karena dengan tampilan atau design yang disediakan memiliki kelemahan. Kelemahannya mudah sekali rusak, entah itu kebanding, tertimpa barang barang berat jadi Smartphone yang menawan itu harus kita relakan rusak. Di Handphone dulu memiliki featured yang lebih kuat, jadi meskipun handphone kita tertimpa barang yang cukup berat, kebanting tidak cepat rusak.
  4. Dapat juga untuk mengetik lebih cepat dengan handphone lama. Smartphone masa k ini memiliki tampilan keyboard QWERTY yang dilengkapi dengan autocorrect. Fitur autocorrect ini dapat memprediksi kata kata yang diketik jadi nanti akan menyusun kata sendiri. Hal ini juga dapat memperlambat pengetikan karena sering kali memunculkan kata yang tidak tepat. Tapi Handphone lama memiliki featured phone karena pada saat mengetik bisa merasakan tombol ketikannya. Dengan adanya hal ini akan membuat proses pengetikan lebih nyaman.

Itulah kelebihan Handphone lama versus Smartphone masa kini yang. Meskipun memiliki tampilan ataupun design yang tidak cukup menarik tapi masih ada kelebihan yang dimiliki handphone lama.