Saat ini kita pasti sangat bergantung dengan smartphone. Hampir sepanjang hari kita menggunakan smartphone, dari 24 jam waktu yang ada dalam satu hari hampir 70% kita menggunakan smartphone. Bagi Anda yang selalu memakai smartphone bahkan memakai smartphone dengan lama, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar smartphone kesayangan Anda dapat bertahan lama.

Berikut kebiasaan yang bisa membuat baterai smartphone Anda cepat rusak:

  1. Smartphone dicharge terlalu lama
    Smartphone yang dicharge terlalu lama bisa membuat baterainya bocor. Entah sengaja atau tidak tapi kebiasaan ini sering dilakukan. Sebaiknya, kebiasaan seperti ini jangan terus dilakukan karena tidak baik untuk baterai smartphone Anda. Jadi, apabila baterai sudah full sebaiknya langsung mencabut kabelnya agar baterainya tidak bocor.
  2. Menggunakan charger bajakan
    Memang sama saja menggunakan charger  bajakan atau original tetap saja baterainya terisi. Banyak yang berpikiran seperti itu tapi sebenarnya kebiasaan menggunakan charger bajakan bisa mengakibatkan baterai Anda rusak. Dan pastinya kualitas dari charger tersebut selalu dipertanyakan. Karena spesifikasi yang dimiliki bisa saja tidak sesuai dengan smartphone Anda.
  3. Memainkan smartphone sambil di charge
    Kondisi yang baik ketika men-charge smartphone adalah dimatikan atau minimal tidak digunakan sama sekali, namun kebanyakan orang men-charge smartphonenya sambil memainkannya. Meski banyak yang sadar akan bahwa men-charge smartphone sambil memainkannya tapi masih saja banyak yang  melakukan hal ini. Hal ini dapat membuat suhu smartphone Anda meningkat dan bisa merusak sel pada baterainya bahkan kinerja komponen di bagian dalam smartphone Anda terancam.
  4. Suhu panas tapi tetap digunakan
    Suhu smartphone akan meningkat kalau digunakan terus menerus terutama di luar ruangan dan terkena sinar matahari, udara panas di area smartphone bisa saja meningkatkan suhu pada mesin dan baterai, hal ini berdampak mempercepat kerusakan baterai. Karena itu, gunakanlah smartphone Anda seperlunya apabila sedang berada di luar ruangan.
  5. Pengisian daya baterai tidak penuh
    Ketika sedang men-charge smartphone tapi sedang buru-buru biasanya kita mencabut kabel charger tanpa memperdulikan baterai sudah terisi penuh atau belum. Kebiasaan ini bisa merusak baterai smartphone Anda.
    Jadi mulai sekarang hindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini agar smartphone kesayangan Anda tidak cepat rusak.

Semoga bermanfaat.