Sudah banyak masyarakat menggunakan Smartphone dimasa kini. Tidak hanya untuk kebutuhan pribadi saja, tapi sudah menjadi kebutuhan sehari hari yang tidak bisa ditinggalkan. Karena memang banyak sekali manfaat Smartphone ini.

Tapi banyak orang yang belum mengetahui meskipun banyak  manfaatnya, tapi Smartphone juga rentang terkena virus. Pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar kata “virus” bukan?. Tidak hanya komputer yang ditakuti, karena selalu banyak virus yang menyerang dengan banyak metode yang digunakan oleh virus tersebut.

Virus Smartphone pun cukup menakutkan karena virus tersebut dapat mengambil data-data pribadi kita ataupun data rahasia yang terdapat di Smartphone. Nah pasti ingin tau bukan jenis-jenis virus yang berbahaya untuk Smartphone Anda?

Berikut jenis-jenis virus berbahaya bagi Smartphone kesayangan Anda:

  1. Bagi pengguna Android mungkin pernah menampilkan sebuah notice “Unfortunately Measure/Engriks Has Stopped”, itu merupakan tandanya Android Anda telah terinfeksi oleh virus Engriks. Jika sudah terinfeksi oleh virus tersebut biasanya akan muncul peringatan peringatan yang tidak jelas.
  2. Android Anda tiba tiba mati?? Bukan karena habis baterai ataupun lainnya. Bisa jadi Android Anda terkena virus Power Off Hijack. Virus ini cukup berbahaya karena pada saat Android Anda mati itu sedang digunakan oleh hacker yang berbahaya akan data data yang ada di Android tersebut. Jika sudah terkena virus ini, Android Anda akan tiba tiba mati tanpa ada sebab baterai habis ataupun sejenisnya.
  3. Malware berbahaya berikut ini seperti Shedun, Shuanet dan ShiftyBug merupakan virus yang berbahaya karena virus ini menyebabkan Smartphone Android Anda tidak bisa digunakan kembali. Virus ini terdapat di aplikasi yang harus diinstal dulu, jika aplikasinya terinstall pada Android Anda itu akan berbahaya sekali karena virus atau malware akan meroot perangkat dan menanam diri mereka ke system level services. Dan dapat mengubah bentuk mereka ke dalam aplikasi yang ada di Smartphone anda. Mengerikan bukan??
  4. Stagefright ini merupakan salah satu virus berbahaya lainnya. Karena jika Smartphone Android Anda sudah terkena virus ini apalagi orang yang bertanggung jawab mereka akan menyalah gunakan virus ini. Virus ini dapat digunakan sebagai akses ke perangkat Android tanpa pemiliknya ketahui. Penyebarannya virus ini biasanya dengan menyimpan malware ke dalam file multimedia. Maka berhati hati lah dalam menyimpan aplikasi atau sesuatu yang berada di Smartphone Android anda.

Itulah jenis-jenis Virus yang berbahaya bagi Smartphone kesayangan Anda. Berhati hatilah dalam menginstall aplikasi yang tidak dikenal karena banyak virus atau malware yang dapat menyerang kapan saja. Terima kasih