Hallo? kali ini saya mau berbagi tentang jenis-jenis ram pada smartphone, RAM ( Random Acces Memory) merupakan sebuah perangkat keras pada komputer yang fungsinya untuk menyimpan data sementara, ram bekerja untuk menyimpan data penting yang dibutuhkan oleh prosesor secara cepat dan diproses menjadi informasi. Saya beri contoh cara kerjanya Ram seperti apa, jika anda sedang membuka aplikasi misalnya Browser makan prosesor akan membuka aplikasi tersebut dari tempat penyimpanan memory internal dan kemudian meload ke RAM.

Begitu guys cara kerjanya RAM sudah mengerti kan. Pada perangkat android cukup bergam jenis RAMnya, berikut ini beberapa jenis RAM yang umum digunakan pada Android :

Singkatan dari LPDDR ( Low Power Data Rate)

1. LPDDR2

Untuk jenis RAM ini tidak cocok dengan SDRAM DDR! & DDR@ tapi bisa mengakomodosi keduanya. Kelebihannya RAM ini menawarkan efisiensi daya yang lebih baik dari LPDDR1. Smartphone yang memakai RAM ini seperti ASUS Zenfone 5, sony Xperia, dan Oneplus One.

2. LPDDR3

RAM ini ada pada smartphone samsung yang baru di perkenalkan Ramnya LPDDR3 6 GB, LPDDR3 SDRAM 4 GB, LPDDR3 3 GB, dll. Untuk RAM ini pertama kali ada pada tahun 2012 tentunya ram ini lebih baik loh guys dari pada RAM LPDDR2 dalam halnya dari bandwith, efisiensi daya, memori desinty, dan data rate yang lebih tinggi. Lebih bagusnya lagi RAM ini sudah menggunakan teknologi baru seperti ODT, Low I/O capactive, Command/Address, dan write leveling. Ada kekurangannya pada RAM ini, karena belum dilengkapi dengan flash memory command. Smartphone yang menggunakan RAM LPDDR3 antara lain : HTC One M8, Nexus 10 dan Samsung Galaxy S4.

3. LPDDR4

RAM ini merupakan generasi terbaru untuk perangkat smartphone dan juga untuk tablet. Salah satu yang sudah memproduksi ram ini adalah Samsung, berkapasitas 8 GB LPDDR4 yang menjadi standar baru untuk laju data yang lebih cepat dan hemat daya. Tentunya kalau di bandingkan dengan LPDDR3 lebih bagus ini guys karena lebih hemat daya.

Memori RAM ini sangat cocok untuk mendukung gaget yang mampu merekam video bersolusi 4K dan memotret dengan kamera beresolusi 20 Mp ke atas, untuk masalah bandwithnya juga ram ini lebih besar dengan I/O data rate hingga 3200 Mbps yang dua kali lebih besar dengan ram DDR2 yang digunakan pada desktop. Perangkat android yang sudah menggunakan ram ini yaitu Samsung Galaxy S6, untuk smartphone yang sudah menggunakan jenis RAM ini, yaitu Xiaomi Mi Note Pro, LG G Flex2.

Sekian dari saya untuk artikel kali ini ulasan tentang jenis RAM pada smartphone, semoga bermanfaat.. :)