Hallo Kawan, hari ini saya akan berbagi tentang Jenis-jenis GPU pada smartphone nih, yuk kita lihat ulasan berikut ini.

Pastinya Anda sudah pernah mendengar istilah GPU tapi apakah Anda tahu apa itu GPU dan fungsinya untuk apa ? ini dia penjelasan singkat mengenai GPU.

GPU singkatan dari Graphics Processing Unit, yang cara kerjanya hampir sama dengan CPU tetapi yang membedakan keduanya adalah tugas dan fungsi dari  CPU dan GPU. CPU berfungsi sebagai pusat pengolah data, sedangkan GPU sebagai pusat pengolah gambar (Grafis). Daripada lama-lama mending kita langsung lihat aja yuk jenis-jenis GPU pada smartphone.

1. VideoCore Broadcome

GPU yang hanya memerlukan konsumsi daya yang rendah ini keluaran dari produsen teknologi Broadcome. Saat ini VideoCore dikembangkan oleh Alphamosaic Ltd. VideoCore Broadcome menggunakan arsitektur DSP dua dimensi yang membuatnya lebih fleksibel dan efisien.

2. Mali

Mali merupakan arsitektur buatan ARM Limited. Sudah banyak smartphone yang menggunakan GPU Mali ini bukan hanya untuk smartphone, GPU Mali juga digunakan untuk HDTV dan game console (PS3). Tahun 2005, Mali sudah digunakan hampir 95% smartphone di dunia dan untuk seri Mali tercepat saat ini adalah Mali T-720, tapi belum banyak digunakan pada smartphone.

3. Andreno

GPU yang sebelumnya bernama ATI Imageon ini merupakan pabrikan dari ATI yang mana ATI ini merupakan anak perusahaan dari AMD. Pada tahun 2008 ATI Imageon dijual kepada salah satu pabrikan processor terbesar yaitu Qualcomm. Setelah dibeli oleh Qualcomm barulah berganti nama menjadi Andreno. Andreno juga memiliki beberapa tingkatan dan yang terbaru adalah Andreno 430 yang sudah System On Chip dengan Qualcomm Snapdragon 810.

4. Tegra

Tegra merupakan salah satu GPU SoC yang tercepat di dunia. Tegra pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008 untuk media player zune HDKemudian pada tahun 2010 Tegra mengeluarkan Tegra 2, yang sudah cukup banyak digunakan oleh tablet diantaranya Galaxy Tab 10.1 dan Acer Tab A200. 2011 Tegra 3 diumumkan tetapi hasil yang didapat kurang memuaskan karna pada saat itu game Android belum banyak seperti sekarang ini, hal serupa juga dialami oleh Tegra generasi ke-4 bahkan pengguna Tegra 4 lebih sedikit daripada Tegra 3.

NVIDIA mengumumkan keluaran terbaru dari Tegra yaitu Tegra K1. Tegra K1 merupakan SoC tercepat di dunia namun sampai sekarang belum ditemukan smartphone yang menggunakan GPU jenis Tegra K1.

5. PowerVR

Pabrikan dari VideoLogic ini sudah lama menggeluti dunia GPU. PowerVR tidak dijual secara masal melainkan dengan cara membuat draft arsitekturnya lalu dijual lisensi tersebut kepada produsen processor terkemuka di dunia. PowerVR kini lebih menggeluti dunia mobile processing yang sampai sekarang kita sudah bisa melihat produk PowerVR pada produk terkemuka dunia yaitu iPod dan iPhone keluaran Aplle Inc ini. PowerVR terbaru bisa kita temukan di iPhone 5S yang bernama PowerVR G6430.

Sekian dulu untuk hari ini Kawan, semoga bermanfaat untuk kita :) Terima kasih :)