Hallo kawan-kawan, kali ini Saya mau memberitahu Jenis-jenis dan Cara Pakai Kabel USB OTG.

USB OTG adalah fitur yang sebenarnya tidak baru, tetapi kebanyakan orang baru mengenali fitur ini. Kabel USB OTG hampir sama dengan kabel USB pada umumnya yang sering digunakan pada PC. Perbedaan kabel USB OTG dan kabel USB pada PC, terdapat pada connector-nya. Jadi, USB OTG hanya bisa digunakan pada gadget seperti smartphone.

Tidak sembarang smartphone bisa menggunakan USB OTG. Jadi, jangan sembarangan memakai USB OTG untuk smartphone kalian. Jika smartphone kalian support dengan USB On The Go, maka kalian bisa langsung menggunakannya dengan bebas. Kalian bisa memakai USB OTG dengan bentuk, ukuran dan membeli dengan harga terserah pilihan kalian.

Seperti yang sudah Saya jelaskan di atas, fungsi dari kabel USB OTG ini sama dengan fungsi kabel USB pada PC untuk menghubungkan atau membaca dan menulis pada storage device seperti flashdisk dan harddisk eksternal. Bahkan dengan memakai USB OTG kita bisa memakai mouse, keyboard dan game pad. USB OTG pun bisa berfungsi untuk menjalankan modem yang biasanya digunakan pada tablet PC.

Lalu, apa saja jenis-jenis kabel USB OTG yang bisa digunakan pada gadget smartphone ? Berikut di bawah ini jenis-jenis kabel USB OTG.

USB OTG Standart

USB OTG jenis ini bentuknya sama saja seperti kabel USB pada PC, cuma bedanya USB OTG ini mempunyai ujung yang disebut female. Fungsi dari USB OTG ini untuk menghubungkan gadget seperti smartphone dengan flashdisk, harddisk eksternal, dan storage device lain yang mempunyai ujung male.

USB OTG L

Jenis USB OTG ini hampir sama seperti USB OTG Standart, perbedaannya terletak pada ujungnya yang agak bengkok seperti huruf ā€œLā€. Fungsinya jauh lebih bermanfaat daripada USB OTG Standart, karena USB OTG jenis ini tidak mudah copot jika disambung dengan storage device yang agak berat seperti flashdisk.

USB OTG Y Power Hub

Hampir sama seperti USB OTG Standart, tetapi bentuk dari SUB OTG ini seperti huruf ā€œYā€. Biasanya kabel USB OTG jenis ini digunakan untuk harddisk eksternal, karena dibutuhkan daya yang lebih besar. Smartphone atau tablet tidak akan kuat untuk menyuplai kebutuhan listrik pada harddisk eksternal. Pastikan menggunakan kabel Y yang bagus, agar listrik yang dialirkan stabil.

Camera Connection kit

Jenis USB OTG ini biasa digunakan pada perangkat seperti Camera DSLR. Namun, ada juga yang menggunakannya untuk smartphone dan memang didesain untuk digunakan pada smartphone. Resiko jika digunakan pada smartphone, maka bisa mudah lepas, karena berat beban dari USB OTG itu sendiri.

Perhatian !

Sebaiknya restart dulu gadget yang baru disambungkan dengan USB OTG, untuk menyempurnakan installasi USB OTG tersebut. Karena ketika koneksi pertama kali, driver USB Host aktif, terekstrak dan terinstall secara otomatis.

Sedikit tambahan, sebelum harddisk eksternal dipakai untuk smartphone OS Android, format dulu harddisk eksternal tersebut menjadi FAT32, tetapi jika ingin menggunakan format NTFS bisa memakai aplikasi seperti StickMount. Namun, untuk menggunakannya perangkat perlu di root terlebih dahulu.

Itulah informasi mengenai Jenis-jenis dan Cara Pakai Kabel USB OTG. Bagi kalian yang bingung, karena tidak ada contoh gambar, kalian bisa cari di google. Maaf jika penyampaian artikel ini kurang lengkap. Semoga sedikit banyak informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kalian.