Saat ini smartphone semakin canggih. Penggunaan internet juga sudah menjadi hal wajib saat ini. Kalau ada smartphone canggih pasti ada internet kan? Sudah tidak mengherankan lagi. Smartphone yang selalu terkoneksi dengan internet bukan tidak mungkin kalau ada ancaman yang masuk bahkan menginfeksi smartphone seperti spyware, malware, trojan dan lain-lain yang bisa merusak sistem bahkan bisa mengambil data pribadi.

Berikut ciri-ciri kalau smartphone kita terkena virus malware dan spyware:

  1. Smartphone tiba-tiba panas
    Kalau smartphone dipakai untuk main game terlalu lama atau dipakai untuk menjelajah di internet terlalu lama ataupun ketika di charge sambil dipakai maka hal yang wajar kalau smartphonenya menjadi panas. Tapi kalau smartphonenya sedang tidak digunakan dan tiba tiba panas bagaimana? Pastinya tidak wajar. Nah ini bisa jadi ciri ciri program yang diduga spyware berjalan di background dan menggunakan resource smartphone milik anda.
  2. Smartphone melambat alias lemot
    Spesifikasi tinggi dan sudah update ke sistem operasi terbaru tetapi smartphone masih saja lambat? Indikasinya seperti nomor 1, dimana ada spyware yang berjalan di background dan menggunakan resource smartphone secara maksimal.
  3. Baterai smartphone anda sangat boros
    Smartphone yang terlalu banyak aplikasi dan terlalu lama digunakan memang sangat menguras daya baterai tapi kalau baterainya tiba tiba habis? Apakah baterainya bocor? Mungkin saja bukan bocor tapi ada program lain yang berjalan di background yang bisa jadi adalah malware.
  4. Smartphone otomatis me-restart sendiri
    Ketika sedang digunakan tiba tiba smartphonenya restart sendiri atau tidak digunakan tapi tiba tiba me-restart sendiri berarti ada masalah dengan smartphone anda. Bisa saja ada spyware yang terdapat di smartphone dan menjalankan perintah restart pada waktu tertentu. Jika sering sekali restart maka coba dicek setiap berapa jam sekali restart.
  5. Folder yang tidak dikenal
    Hal ini mungkin jarang sekali kamu cek, dimana bisa tiba-tiba muncul folder yang tidak kamu kenal di sistem. Jika kamu merasa tidak pernah menginstal atau menggunakan folder tersebut sebelumnya, sebaiknya dihapus saja.

Itulah ciri-ciri dari smartphone yang terkena virus malware dan spyware. Semoga bermanfaat :)