Untuk para pengguna Xiaomi pasti sudah tidak asing lagi dengan kata MIUI. Setelah sukses dengan seri MIUI sebelumnya yaitu MIUI  4  sampai 7 kini hadir dengan versi terbaru dengan performa dan fitur lebih lengkap . Sejak versi terbaru MIUI 8 di rilisnya Agustus 2016 kemarin, pengguna banyak yang meng-upgrade ke versi ini.

Adapun tipe smartphone Xiaomi yang sudah sudah dapat menikmati MIUI 8 ini adalah Redmi 1S , Redmi 2, Redmi 2 Prime, Redmi Note 3 Qualcomm, Redmi Note 3 Special Edition, Redmi Note 3G, Redmi Note 4G, Redmi Note 2, Redmi Note Prime, Redmi 3, Redmi 3S , Redmi 3S Prime, Mi 3, Mi 2S, Mi 3, Mi 4, Mi 4i, Mi 5 dan Mi Max (32GB) semuanya dapat menikmati MIUI 8. Banyak fitur-fitur baru yang muncul yang menjadi daya tarik pengguna, tetapi sebelum kita menggunakan MIUI 8 ini kita harus tahu terlebih dahulu apa sebenarnya kelebihan dan kekurangan dari ROM dari Xiaomi ini? mari simak ulasanya.

1. Caller ID & Tampilan Panggilan

Ini Dia yang Perlu Kita Ketahui Sebelum Memakai MIUI 8

Fitur panggilan di MIUI 8 memiliki tampilan baru, dimana saat ada panggilan telpon maka foto seseorang akan muncul full screen dan akan ada 3 tombol untuk kita pilih. Dengan MIUI 8 juga, Xiaomi telah terintegrasi dengan ID Caller di dalam sistemnya, sehingga kita tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga.

2. Notifikasi

Notifikasi di MIUI 8 pun menggunakan desain baru yang bisa di swipe ke kanan-kiri juga ke atas-bawah.

3. Note

Ini Dia yang Perlu Kita Ketahui Sebelum Memakai MIUI 8

Fitur Note pun di buat dengan memberikan sentuhan desain baru dan fitur-fitur baru di dalamnya

4. Second Space 

Ini Dia yang Perlu Kita Ketahui Sebelum Memakai MIUI 8

Opsi Second Space untuk yang menginginkan Android-nya aman ketika digunakan oleh orang lain atau bagi yang pekerja kita bisa menggunakan 2 akun dalam 1 smartphone , pengguna dapat menggunakan akun bisnis dan akun pribadi secara terpisah tetapi dalam satu smartphone.

5. Kalkulator

Ini Dia yang Perlu Kita Ketahui Sebelum Memakai MIUI 8

Kalkulator pada MIUI 8 bisa juga digunakan untuk mengonversi kurs mata uang, jarak, suhu, ukuran, berat, dan masih banyak lagi. Kita tidak perlu kesusahan mencari aplikasi kalkulator lainnya, bawaan MIUI 8 ini sudah cukup lengkap.

6. Pesan

Caller ID juga telah terintegrasi dengan pesan teks juga. MIUI 8 akan mendeteksi pesan, dan jika teks merupakan dari bank kita (misalnya), ia akan menampilkan nama bank dengan foto profil agar terlihat lebih cantik. Misalnya, SMS HDFC Bank tidak akan muncul sebagai VM-HDFC, tetapi sebaliknya akan muncul secara otomatis sebagai hanya HDFC lengkap dengan ikon foto kontak.