Ini Cara Memanfaatkan Kembali Smartphone Lama รขโ‚ฌโ€œ Semakin pesatnya perkembangan teknologi, smartphonepun ikut berkembang dengan adanya fitur baru, merek baru dan model baru. Hal tersebut membuat kita tergiur untuk mencoba dan membelinya. Hingga akhirnya kita memutuskan untuk membeli smartphone baru dan meninggalkan smartphone lama.

Jika kalian sudah membeli smartphone baru, maka kalian tertarik untuk menjual smartphone yang lama. Namun, jika smartphone lama kalian jual, harganya pun pasti jatuh dan hal tersebut membuat sebagian orang enggan untuk menjualnya.

Kalian yang memiliki smartphone lama yang mungkin sudah jarang digunakan, ini cara memanfaatkan kembali smartphone lama.

1. Jadikan Sebagai Alat Gym

jadikan-alat-gym

Ya, kalian bisa menjadikan smartphone lama kalian sebagai alat gym. Kalian bisa menghapus aplikasi yang tidak perlu dan mengunduh aplikasi yang berhubungan dengan olahraga seperti fitness tracer atau smartwatch. Kalian juga bisa memanfaatkan MP3 Player saat kalian sedang latihan.

2. Penyimpan Data Sementara

penyimpanan-data-sementara

Buat kalian yang hobi foto-foto, kalian bisa memanfaatkan smartphone lama kalian untuk menyimpan data sementara. Dengan begitu, kalian tidak perlu repot-repot membawa laptop ketika melakukan backup data dari kamera. Yang perlu kalian lakukan hanya membawa slot kartu mikro SD dengan ukuran yang besar dan kabel data USB.

3. Kamera Pengaman

kamera-pengaman

Jaga rumahmu, ruang kerja ataupun warungmu dengan kamera pengaman yang terkoneksi dengan internet. Memangnya bisa? Bisa. Caranya yaitu dengan mengunduh aplikasi IP Webcam dan ikuti instruksinya, lalu tunggu beberapa saat, kalian dapat melihat kejadian yang terjadi di rumahmu walaupun kamu sedang tidak berada di rumah

4. GPS di Mobil

gps-di-mobil

Jika kalian ingin bepergian dengan mobilmu, tapi kalian tidak tahu jalan pasti kalian akan menggunakan aplikasi GPS seperti Google Maps, CityMapper, Waze dan lain-lain. Tapi jika baterai smartphone barumu dalam keadaan lemah bagaimana? Ini saatnya kamu memanfaatkan smartphone lamamu sebagai GPS. Dengan begini kamu tidak perlu khawatir lagi karena smartphone lama kamu kini bermanfaat.

5. Router Nirkabel

wifi-hotspot-thetering

Cara lain memanfaatkan kembali smartphone lamamu adalah dengan menjadikannya sebagai WiFi. Karena memang pada dasarnya setiap smartphone dilengkapi dengan kemampuan WiFi. Kalian bisa memanfaatkan WiFi hotspot yang tersedia dalam smartphone lamamu untuk mengakses internet melalui berbagai perangkat lain seperti laptop, PC, tablet ataupun smartphone baru yang lain.

Itu adalah cara memanfaatkan kembali smartphone lamamu. Semoga dengan artikel ini, smartphone lamamu yang didiamkan begitu saja di rumah, kini menjadi bermanfaat kembali ๐Ÿ˜€