Malware merupakan program komputer yang dibuat dengan tujuan untuk mencari kelemahan software. Virus atau malware merupakan salah satu Dengan sebutan virus atau malware pastinya sudah banyak yang mengetahui, bahkan sudah pernah terkena virus atau malware tersebut. Biasanya malware ini menyerang komputer, laptop bahkan Smartphone dengan berbagai cara untuk mencuri data – data pengguna perangkat elektronik. Sudah banyak virus yang dibuat untuk mendapatkan berbagai macam data di pengguna perangkat elektronik khususnya Smartphone Android.

Ada virus yang dapat menyamarkan sebagai pembaruan dari Adobe Flash Player, virus ini dinamakan dengan virus Trojan yang ditargetkan untuk pengguna Smartphone Android. Cara virus ini menyerang pengguna Smartphone ada dengan cara :

-Menginfeksi Smartphone

Virus ini akan menginfeksi Smartphone Android pengguna, setelah menginfeksi malware/virus tersebut akan dapat mencuri informasi / data yang digunakan login pada banyak aplikasi seperti aplikasi media sosial, perbankan dan lain – lain.

Dikutip di halaman ZDNet, software yang berhasil menginfeksi Smartphone tersebut adalah versi terbarunya dari malware dengan sebutan Marcher Android. Malware ini ternyata muncul dengan versi curang untuk permainan Super Mario Run pada perangkat Android. Dan lebih menarik lagi, malware ini memiliki cara yang simpel untuk mengelabuhi pengguna Smartphone.

-Trik Malware

Malware ini membuat cara agar pengguna Smartphone tidak menyadari akan adanya malware pada Smartphone yang sedang digunakan. Pengembang Marcher itu menggunakan tautan yang mengarah langsung ke Game mobile dan dengan konten dewasa yang sulit ditemukan di Google Play Store, hanya saja untuk situs ini ada situs pihak ketiganya.

-Korban malware akan mengunduh aplikasi yang sudah terinfeksi

Pada saat selesai mengunduh akan muncul notifikasi / pemberitahuan yang meminta pengguna untuk mengupdate Flash Player pada perangkat Smartphone. Disini lah letak jebakan malware berawal jika di klik, kode berbahaya langsung dikirim dan menginfeksi Smartphone.

-Malware akan terinstall dengan sendirinya

Pada saat itulan Marcher akan menonaktifkan sistem keamanan Smartphone anda, dan dapat menghapus ikonnya dari layar menu hingga pengguna pengguna membuka aplikasi dari daftar tagering di malware untuk mencuri informasi login pengguna.

-Berbahaya juga untuk pengguna Medsos

Karena malware ini akan menampilkan halaman login palsu untuk aplkasi – aplikasi seperti Google, Paypal, Facebook, BBM dan media sosial lainnya.

Malware yang menginfeksi aplikasi tidak hanya sebagai masalah pengguna Smartphone saja, tapi pengembangnya pun merasakan akibatnya.

Untuk menghindari Marcher ini, Smartphone android disarankan untuk tidak mengunduh atau menginstall aplikasi – aplikasi dari sumber yang tidak jelas. Jadi pengguna Smartphone harap berhati – hati dalam mengunduh aplikasi – aplikasi meskipun itu berasal dari Google Play Store. Dan Hati-hati, Malware pada Smartphone Android dapat curi data melalui Medsos. Semoga bermanfaat