Perkembangan Android dari pertama kali rilis sampai sekarang sangat pesat dan sudah banyak juga orang yang menggunakan Android. Banyak orang yang menggunakan Android ini bukan tanpa alasan dan pertimbangan yang matang. Apa saja sih yang membuat banyak orang memilih Android dibandingkan iPhone?

1. Harga Lebih Murah

Kalau dilihat dari harga pun sudah jelas Android lebih murah dibandingkan dengan iPhone. Dengan mengeluarkan uang 3 juta rupiah saja kalian sudah bisa membeli smartphone Android yang mempunyai RAM 3 GB sampai 4 GB. Sedangkan iPhone yang mempunyai RAM 2 GB baru bisa dibeli dengan uang di atas 5 juta.

2. Jenis Aplikasi Yang Lebih Banyak

Sistem operasi Android dibuat menggunakan sistem open source atau terbuka. Hal ini memungkinkan untuk para pembuat perangkat, operator nirkabel, dan pengembang aplikasi lebih mudah memodifikasi dan mendistribusikan perangkat lunak (software). Di tahun 2014 saja ada kurang lebih 1,4 juta aplikasi yang masuk ke Google Play Store. Sedangkan untuk iPhone sistemnya tertutup sehingga khusus untuk produk Apple saja.

3. Support MicroSD

Banyak perangkat Android yang menyediakan slot microSD agar memudahkan kita dalam menambah kapasitas memory di smartphone tersebut dengan harga yang lebih bersahabat. Namun memang ada beberapa jenis perangkat Android yang tidak menyediakan slot microSD. Tapi setidaknya kalau ada perangkat Android yang menyediakan slot microSD sedangkan iPhone sudah dipastikan tidak ada slot microSD.

4. Banyak Pilihan Perangkat

Smartphone yang memakai sistem operasi Android banyak jenisnya. Banyak desain dari berbagai perangkat yang ada, mulai dari desain layar dan bentuk smartphone ada yang kecil sampai ada yang 6″. Selain itu juga kamera yang semakin canggih. Pokoknya Android itu banyak pilihan jenis smartphonenya sedangkan iPhone terbatas, hanya produk dari Apple saja.

Itulah beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk memilih Android daripada iPhone. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang mempertimbangkan membeli gadget baru 🙂