Dianggap sebagai alat elektronik wajib bagi sebagian orang yang memang menggunakannya untuk berkomunikasi, bisnis bahkan bermain game. Untuk orang yang masih belum mengerti tentang smartphone pasti berpikir semua smartphone sama saja cuma berbeda tampilan luarnya, tentu saja anggapan itu tidak benar berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli smartphone.

1. Perhatikan Jaringan Selular

Jaringan yang terbaru saat ini adalah 4G, mungkin masih belum merata di kawasan Indonesia yang hanya terdapat di kota-kota besar, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa jaringan 4G akan diperluas lagi ke berbagai daerah di Indonesia. Jadi, sebaiknya saat kita membeli smartphone perhatikan apakah smartphone yang akan kita beli memiliki fitur 4G.

2. Pilih Platform Sesuai Kebutuhan

Saat ini terdapat 3 platform besar yang menguasai pasar Indonesia yaitu android, iOS, Windows Phone. Platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Android, mungkin platform ini masih merajai pasar di Indonesia karena banyaknya smartphone yang menggunakan platform tersebut, selain itu android memiliki kelebihan yaitu sifatnya yang open source, dan juga aplikasi pada android tidak kalah dengan pesaing utamanya yaitu iOS.

iOS, merupakan platform yang ada pada iPhone dan iPad. Dianggap sebagai barang mewah karena memiliki banyak kelebihan pada spesifikasi dan tampilan grafis yang mumpuni. Dan juga iOS berasal dari pabrikan ternama Apple yang sudah mendunia ini.

Windows Phone, bisa dikatakan platform yang menduduki posisi 3 di pasar Indonesia. Windows phone ini digunakan dalam smartphone Lumia (Nokia), minimnya aplikasi yang ada pada windows phone membuatnya kalah dari pesaingnya yaitu android dna iOS.

3. Perhatikan Spesifikasi Smartphone

Seperti halnya PC, smartphone juga memiliki spesifikasi hardware yang mendukung kinerja smartphone agar lebih cepat lagi. Bila ingin membeli smartphone fokuskan pada spesifikasi processor dan RAM. Karena komponen ini sangat mempengaruhi kinerja pada sebuah smartphone. Selain itu perhatikan juga daya baterai, layar sentuh (touchscreen) dan GPU (bagi Anda menggunakan smartphone untuk gaming).

Nah, cukup sekian dulu ya Kawan untuk hari ini, semoga bermanfaat 😀 terima kasih :)